Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango via Selabintana

Jalur pendakian gunung Gede Pangrangi via Selabintana terbilang jarang digunakan. Jalur favorit yang bisa dilewati pendaki adalah jalur Cibodas dan Gunung Putri. Jalur Selabintana bisa Anda gunakan sebagai jalur alternatif untuk mendaki gunung Gede Pangrango saat jalur Cibodas dan Gunung Putri penuh.

Silakan baca:

Jalur pendakian gunung Gede Pangrango via Cibodas; dan

Jalur pendakian gunung Gede Pangrango via Gunung Putri

Jalur Selabintana jarang sekali digunakan karena jalur Selabintana ini tergolong jalur pendakian gunung Gede Pangrango yang paling berat. Bahkan pendaki yang sudah biasa pun sepertinya enggan untuk melewati jalur ini. Namun bukan berarti jalur Selabintana tidak bisa dilalui lho karena beratnya jalur pendakian itu bisa dibilang relatif.

Jalur pendakian gunung gede pangrango via selabintana

By ejiebelula.wordpress.com

Jika Anda punya nyali tinggi dan berjiwa petualang, boleh coba jalur menantang ini. Jika dibandingkan dengan jalur Cibodas dan Gunung Putri, jalur Selabintana ini sebetulnya tidak jauh beda. Yang membedakannya adalah tidak adanya anak tangga untuk pijakan seperti jalur Cibodas.

Lalu kenapa jalur pendakian gunung Gede Pangrango via Selabintana sering disebut-sebut sebagai jalur terberat?

Ada beberapa alasan, diantaranya karena jalurnya rimbun dan banyak lintah, di jalur Selabintana kita sulit mendapatkan sumber air. Sumber mata air bida diperoleh sekitar 4 kilometer sebelum Surya Kencana. Selain itu, Anda juga tidak akan menemukan pos atau saung tempat beristirahat di jalur Selabintana. Mendaki via Selabintana, kita akan tiba di Surya Kencana Barat.

Tips Mendaki Gunung Gede via Selabintana

  1. Siapkan fisik dan mental sebelum mendaki. Lakukan latihan fisik seperti lari beberapa hari sebelum pendakian agar kondisi fisik Anda prima saat mendaki.
  2. Bawa logistik secukupnya, kekurangan logistik saat pendakian bisa berakibat fatal. Jangan sampai Anda kelaparan atau dehidrasi.
  3. Bawa minyak sereh, garam atau tembakau untuk menghilangkan lintah (pacet) jika menempel di kulit.
  4. Bawa perlengkapan dan peralatan mendaki gunung sesuai standar pendakian, packinglah dengan rapi. Jika mendaki di musim hujan, jangan lupa membungkus pakaian ke dalam kantong plastik atau trashbag.
  5. Bawa lampu senter untuk penerangan
  6. Gunakan celana dan baju panjang untuk meminimalisir menempelnya pacet di kulit.
  7. Tetap jaga kelestarian alam dan tidak nyampah di hutan/gunung.

Itulah sedikit informasi mengenai jalur pendakian Gunung Gede Pangrango via Selabintana, semoga bermanfaat. Selamat mendaki!

Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango via Selabintana | Husni Cahya Gumilar | 4.5