Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango via Gunung Putri

Jalur pendakian gunung Gede Pangrango via Gunung Putri adalah salah satu jalur pendakian yang bisa digunakan untuk mencapai puncak gunung Gede dan gunung Pangrango. Keindahan kedua gunung di Jawa Barat ini sudah tidak diragukan lagi, sebut saja Lembah Surya Kencana di Puncak Gunung Gede dan Alun-alun Mandalawangi di puncak gunung Pangrango.

Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango via Gunung Putri

Gunung Gede Pangrango merupakan gunung favorit di Jawa Barat yang selalu ramai pendaki. Oleh sebab itu, sebulan sebelum mendaki Anda harus booking dulu secara online di website http:// gedepangrango.org/. Untuk prosedur lengkapnya bisa Anda unduh di laman http://www.gedepangrango.org/unduh/prosedur-perijinan-pendakian/.

Setelah mendapat simaksi, Anda harus menukarkannya di basecamp Cibodas. Setelah itu Anda menuju basecamp jalur pendakian gunung Gede Pangrango via Gunung Putri.

Basecamp jalur Gunung Putri berada tidak jauh dari Cibodas. Basecamp Gunung Putri berada di antara istana Cipanas dan pasar Cipanas, kontur jalan offroad bisa ditempuh menggunakan motor. Dari Basecamp Haji Anwar, gunung Gede Pangrango sudah terlihat dengan jelas.

Setelah kurang lebih 10 menit dari basecamp Haji Anwar, Anda akan tiba di Pos pemeriksaan simaksi disertai foto kopi KTP. Dari pos pemeriksaan ke batas hutan melewati sungai dan ladang milik warga, waktu tempuh sekitar 15 menit.

Jalur pendakian gunung gede pangrango via gunung putri

By florindra.com

Jalur pendakian gunung Gede Pangrango via Gunung Putri memang terkenal menanjak dan terjal. Namun waktu tempuhnya bisa lebih cepat dibanding jalur pendakian gunung Gede Pangrango via Cibodas. Selain lebih cepat, mendaki via jalur Gunung Putri juga bisa langsung sampai di Surya Kencana.

Di perjalanan terdapat saung-saung yang bisa digunakan untuk tempat istirahat. Setelah kurang lebih 45 menit perjalanan, Anda akan tiba di di Pos Legok Leunca.

Jalur menuju Surya Kencana via Gunung Putri terus menanjak, kalau Anda mendaki di musim hujan sudah dapat dipastikan akan melalui jalan becek dan licin. Kalau sudah tiba di shelter V, Anda sudah berada di lokasi yang cukup dekat dengan Surya Kencana.

Setelah berjalan selama kurang lebih 6 jam dari basecamp Gunung Putri, Anda akan tiba di lembah yang luasnya sekitar 4x GBK dengan tanaman bunga edelweis yang banyak dan sangat indah. Tempat ini adalah Surya Kencana.

Bila kita mendaki gunung Gede via Gunung Putri, maka kita akan tiba di Surya Kencana Timur. Sedangkan Surya Kencana Barat akan lebih dulu dicapai jika naik dari jalur Selabintana. Dan jika mendaki gunung Gede via jalur Cibodas, maka kita akan tiba di puncak terlebih dahulu. Anda bisa ngecamp di area Surya Kencana ini, sebaiknya manfaatkan waktu untuk beristirahat karena perjalanan menuju puncak masih cukup menguras tenaga.

Jalur pendakian dari Surya Kencana menuju puncak gunung Gede treknya terus menanjak, bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 45 menit. Jika cuaca sedang bagus, dari puncak Gunung Gede Anda bisa melihat view puncak Pangrango, Kawah Gede dan Surya Kencana yang sangat indah.

Untuk mencapai puncak gunung Pangrango, Anda bisa lihat ulasan jalur pendakian gunung Gede Pangrango via Cibodas.

Demikianlah ulasan singkat mengenai jalur pendakian Gunung Gede Pangrango via Gunung Putri, semoga bermanfaat.

Selamat mendaki!

Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango via Gunung Putri | Husni Cahya Gumilar | 4.5