Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango via Cibodas

Jalur pendakian gunung Gede Pangrango via Cibodas, perjalanan dimulai dari basecamp Cibodas. Untuk tiba di basecamp Cibodas, Anda bisa menggunakan kendaraan umum arah Bandung, turun di pertigaan Cibodas lalu dilanjutkan ke Kebun Raya Cibodas, perjalanan dilanjutkan lagi menuju bascamp jalur Cobodas.

Di basecamp pendakian gunung Gede via Cibodas ini Anda wajib lapor kepada petugas, barang-barang Anda juga akan diperiksa. Mendaki gunung Gede Pangrango sebaiknya tidak membawa barang-barang yang dilarang seperti pisau, golok, radio, sabun dan odol, sbab barang-barang tersebut akan disimpan di basecamp.

Di jalur pendakian gunung Gede Pangrango via Cibodas terdapat beberapa pos pendakian yang bisa digunakan untuk tempat beristirahat. Pos-pos tersebut berupa bangunan beratap, sehingga selain digunakan untuk beristirahat bisa juga dimanfaatkan untuk berlindung.

peta jalur pendakian gunung gede pangrango via cibodas

Peta jalur pendakian gunung Gede Pangrango by Gedepangrango.org

Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango via Cibodas

Awal perjalanan meninggalkan basecamp, Anda akan melewati trek berbatu dan melintasi hutan tropis. Sekitar 1,5 km dari basecamp, Anda akan menemukan rawa bernama Telaga Biru.

Sebelum sampai di Pos Panyangcangan Kuda, Anda akan melewati jembatan kayu sejauh 1 km. Anda harus hati-hati melewati jembatan kayu ini agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Pos Panyangcangan Kuda sendiri berada di ketinggian 1.628 mdpl.

Di Pos ini terdapat bangunan beratap yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat beristirahat untuk melepas lelah dan mengumpulkan tenaga agar siap melanjutkan pendakian.

Jalur pendakian gunung gede pangrango via cibodas

Image: Nendenrahmawati.wordpress.com

Di lokasi ini terdapat pertigaan, jalur kanan menuju air terjun Cibeureum, sedangkan jalan lurus menuju ke arah puncak. Air terjun Cibeureum berada di ketinggian 1675 mdpl dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit.

Setelah puas melihat keindahan Air Terjun Cibeureum, Anda bisa melanjutkan pendakian melewati jalan setapak yang menanjak dan berliku. Sampai di Pos Batu Kukus (1.820 Mdpl), Anda bisa beristirahat di bangunan yang tersedia.

Jalur pendakian Gunung Gede Pangrango via Cibodas setelah Pos Batu Kukus kembali menanjak. Selanjutnya Anda akan menemukan jalur landai dan turunan, sehingga Anda bisa menghemat energi dan bisa cepat sampai di Pos Pondok Pemandangan (2.150 mdpl).

Selanjutnya Anda akan melewati sumber air panas. Dalam jalur ini pendaki harus ekstra hati-hati karena lintasan sempit dan licin. Suhu air panasnya mencapai 70 derajat celcius, jika Anda terpeleset akibatnya akan cukup fatal.

Setelah melewati jalur pendakian yang lumayan terjal, Anda akan sampai di Pos Kandang Batu (2.220 mdpl). Dari Pos Kandang Batu trek kembali menanjak. Di bawah jalur pendakian terdapat air terjun yang indah, jika berminat Anda juga bisa mengunjungi air terjun ini.

Setelah melewati jalur sempit, Anda akan menemukan bonus berupa jalur landai dan menurun sampai di Pos Kandak Badak (2.395 mdpl). Anda bisa beristirahat sejenak di Pos Kandang Badak sambil mengisi persediaan air, sebab di pos selanjutnya susah memperoleh air.

Jalur pendakian setelah Pos Kandang Badak sangat terjal dan menanjak. Di sini Anda akan menemukan pertigaan. Arah kiri menuju puncak gunung Gede, sedangkan arah kanan menuju puncak gunung Pangrango.

Untuk tiba di puncak gunung Gede, Anda membutuhkan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan. Sedangkan untuk mencapai puncak gunung Pangrango, membutuhkan waktu satu jam lebih lama dari puncak gunung Gede, yaitu sekitar 3 jam.

Jalur pendakian menuju puncak gunung Gede akan melewati jalur terjal. Anda juga akan menemukan tanjakan sangat terjal yang dilengkapi dengan tali baja untuk berpegangan. Tanjakan ini biasa disebut Tanjakan Setan.

Jalur pendakian menuju puncak gunung Pangrango juga sangat terjal dan melewati hutan lebat. Pepohonan di puncak gunung Pangrango masih cukup lebat, untuk menyaksikan keindahan alam sekitar, Anda bisa turun ke alun-alun Mandalawangi. Tempat ini merupakan area terbuka yang cukup luas serta banyak ditumbuhi tanaman edelweis.

Itulah jalur pendakian gunung Gede Pangrango via Cibodas, semoga artikel ini dapat membantu teman-teman yang berencana mendaki gunung Gede Pangrango.