Jalan Menuju Leuwi Tonjong Cihurip

Jalan menuju Leuwi Tonjong Cihurip dari arah Garut bisa ditempuh melalui dua jalur menggunakan transportasi umum berupa elf atau kendaraan pribadi. Kalau menggunakan kendaraan umum, dari terminal Guntur kamu bisa naik elf jurusan Cihurip, turun di pangkalan ojeg setelah Masjid Agung Cihurip dekat kantor UPTD dan Puskesmas Cihurip atau Kantor Desa Cihurip. Dari situ, naik ojek dengan tarif Rp. 15.000 sampai ke pintu gerbang Leuwi Tonjong.

Sementara jika membawa kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat, dari arah Garut Kota atau terminal Guntur melaju ke arah selatan melewati Bayongbong, Cisurupan dan Cikajang. Di pertigaan Cigugur kamu bisa ambil jalur kanan ke arah Pameungpeuk atau via jalur kiri ke arah Singajaya.

Jika lewat jalur Pameungpeuk, di depan sekitar 30 – 45 menit dari pertigaan Cigugur ada pos polisi di sebelah kiri. Di situ ada jalan masuk ke Kecamatan Cihurip. Terus pacu kendaraanmu sampai ke pangkalan ojek setelah Masjid Agung Cihurip atau Kantor Desa Cihurip.

Kalau lewat jalur Singajaya, sekitar 1 jam dari Cigugur tepatnya di Kantor Desa Ciudian belok kanan ke arah Desa Girimukti. Kemudian lanjut ke Cihurip via Amlong. Jalan ke sini kurang direkomendasikan untuk kamu yang membawa kendaraan roda empat karena masih ada sedikit jalan berbatu yang lumayan terjal. Namun buat penyuka tantangan jalur ini akan sangat menyenangkan. Setiba di Cihurip, di pertigaan dekat Kantor Polsek belok kiri. Terus sampai ke pertigaan masuk Leuwi Tonjong di pangkalan ojek setelah Kantor Desa Cihurip.

Jalan Menuju Leuwi Tonjong Cihurip
Pertigaan menuju lokasi Leuwi Tonjong (Dok. ZonaLibur.com)

Jalan masuk ke Leuwi Tonjong ada di sebelah kanan, tandanya ada plang Bank BPR Garut. Sekitar 30 meter dari situ terdapat lapangan sepak bola. Kondisi jalan bervariasi, ada yang rusak ada juga yang sudah dirabat beton namun sempit. Jika berpapasan dengan mobil sepertinya cukup sulit.

Dari lapangan bola parkiran Leuwi Tonjong jalannya menurun cukup tajam. Lama perjalanan berkendara sekitar 20 menit. Sampai di parkiran, silakan bayar tiket masuk Leuwi Tonjong kemudian jalan kaki melewati turunan jalan setapak kurang lebih 15 menit.

Tips buat kamu yang akan berwisata ke Leuwi Tonjong, siapkan kendaraan dan fisikmu karena akan melewati jalanan berkelok, naik turun dan di beberapa titik sebelum sampaik ke Leuwi Tonjong jalannya masih jelek. Selain itu, trek jalan kaki pulang dari lokasi ke parkiran tanjakannya mantap.

Namun untuk penyuka keindahan alam dan petualangan, view Leuwi Tonjong mampu membayar rasa lelah perjalanan kamu. Selamat berlibur!

Tentang Penulis: Husni Cahya Gumilar

Gambar Gravatar
CEO ZonaLibur.com. Pria kelahiran Banjarwangi Kabupaten Garut yang hobi jalan-jalan, menulis dan dengerin marawis. Intinya saya bukan selebritis.