Itinerary Wisata Kuala Lumpur 3 Hari 2 Malam

Liburan berhari-hari ke Kuala Lumpur atau ke tempat wisata mana pun akan lebih efektif apabila sebelumnya kita menyiapkan itinerary dan memperhitungkan berapa kebutuhan biaya selama liburan.

Meskipun dari Indonesia hanya memakan waktu 2 jam penerbangan, namun jalan-jalan ke Kuala Lumpur tetap saja jauh. Sayang kan kalau jauh-jauh liburan ke Kuala Lumpur dengan biaya lumayan besar, terus di sana cuma diam di hotel atau banyak waktu terbuang karena tidak tahu tujuan.

Baca juga: 15 Tempat Wisata di Kuala Lumpur yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan ke Malaysia

Berada di Kuala Lumpur selama 3 hari 2 malam itu waktu yang cukup lama. Kalau hanya mengunjungi 2 atau 3 tempat wisata saja, rugi. Makanya disarankan untuk membuat itinerary sebelum berangkat ke KL agar setiba di sana, kamu tinggal mencari informasi transportasi saja.

Selain membuat itineray, memperhitungkan kebutuhan biaya wisata juga penting. Tujuannya agar terhindar dari biaya-biaya yang tak perlu atau risiko keuangan lainnya. Sehingga pulang liburan kamu tidak pusing karena dompet jebol.

Itinerary Wisata Kuala Lumpur 2 hari 2 malam (3d2n)

Nah, pada postingan kali ini saya akan coba sarankan itinerary wisata Kuala Lumpur untuk durasi liburan 3 hari 2 malam (3D2N) di KL.

Itinerary Wisata Kuala Lumpur 3 Hari 2 Malam

Hari ke-1

Saya sarankan untuk membeli tiket pesawat dengan jadwal penerbangan pagi agar di hari pertama kamu sudah bisa mengunjungi beberapa tempat wisata di Kuala Lumpur. Namun sebelum mengunjungi destinasi pertama di Kuala Lumpur, sebaiknya check in dulu ke hotel agar tidak ribet membawa koper ke tempat wisata.

Nah setelah check in dan beristirahat sebentar di hotel, kegiatan berikutnya adalah:

  1. Mengunjungi Menara KL (KL Tower)
  2. Mengunjungi Petronas Twin Tower Suria KLCC
  3. Makan malam di Jalan Alor
  4. Menikmati hiburan malam gratis (pengamen jalanan) di Bukit Bintang
  5. Kembali ke hotel

Pengaturan waktunya, Menara KL bisa sore sampai jam 20.00. Jam 8 malam di Kuala Lumpur masih terang lho. Terus ke Petronas Twin Tower sampai jam 22.00. Pulang ke Bukit Bintang, jalan kaki sedikit ke Jalan Alor berburu kuliner lezat sampai pukul 23.00. Setelah perut kenyang, kamu bisa menikmati hiburan malam di Bukit Bintang berupa konser musik bucker (pengamen) jalanan. Jam 12 malam di daerah Bukit Bintang masih ramai.

Hari ke-2

Jam 6 pagi di sana masih gelap. Kamu bisa memulai keliling kota Kuala Lumpur pukul 8. Itinerary hari ke-2 di Kuala Lumpur adalah sebagai berikut:

  1. Berkunjung ke Batu Caves
  2. Berkunjung ke Litle India
  3. Berkunjung ke Genting Highland
  4. Berkunjung ke Pasar Seni

Setelah puas mengunjungi Batu Caves, disarankan segera kembali ke KL Central. Kalau bisa jam 12 sudah ada di KL Central agar ke perjalanan ke Genting tidak terlalu sore.

Pulang pergi bus KL Central – Genting dijadwal, perhatikan jadwal kamu berangkat ke Genting dan pulang ke KL Central di tiket. Jangan terlewat dari jam yang sudah ditentukan. Kalau masih lama, sambil menunggu jadwal bus berangkat ke Genting, kamu bisa jalan-jalan ke Litle India naik monorel dari KL Central ke Stesen Tun Hambanthan.┬áJarak KL Central – Tun Hambanthan sangat dekat, hanya beberapa menit saja naik monorel.

Malamnya, pulang dari Genting kamu bisa belanja buat oleh-oleh di Pasar Seni atau Central Market. Dari KL Central naik LRT Kelana Jaya laluan Gombak atau MRT Sungai Buloh laluan Kajang.

Hari ke-3

Hari ke-3, jam 6 meskipun masih pagi tapi transportasi sudah beroperasi. Kamu bisa berkunjung ke Masjid Jamek untuk shalat Subuh di sana. Menjelang siang, jalan-jalan ke Chinatown Kuala Lumpur untuk mengenal tradisi Pecinan. Usahakan jam 12 siang sudah di hotel untuk check out, karena kalau waktu check out terlambat kamu akan kena charge.

  1. Berkunjung ke Masjid Jamek
  2. Berkunjung ke Chinatown
  3. Check out

Agar tidak terburu-buru ke bandara, sebaiknya beli tiket pesawat pulang ke Indonesia dengan jadwal penerbangan malam atau sekitar jam 6 sore waktu Kuala Lumpur. Usahakan 2 jam sebelum take off kamu sudah ada di Bandara buat check in dan pemeriksaan imigrasi. Kalau tak mau bayar bagasi, berat bagasi Air Asia tidak boleh lebih dari 7 kg.

Itulah saran itinerary wisata Kuala Lumpur 3 hari 2 malam. Semoga jalan-jalannya lancar, menyenangkan dan selamat sampai kembali ke rumah.

Tentang Penulis: Husni Cahya Gumilar

Gambar Gravatar
CEO ZonaLibur.com. Pria kelahiran Banjarwangi Kabupaten Garut yang hobi jalan-jalan, menulis dan dengerin marawis. Intinya saya bukan selebritis.