Top 3 Gunung di Garut yang Populer di Jawa Barat dan Menjadi Favorit Para Pendaki

Gunung di Garut jumlahnya memang sangat banyak, mulai dari gunung populer dan sering didaki hingga gunung-gunung kecil yang belum pernah terjamah tangan jahil oknum. Kontur Kabupaten Garut sebagian besar, terutama di bagian selatan terdiri atas perbukitan dan pegunungan.

Garut memang salah satu kabupaten di Jawa Barat yang memiliki objek wisata sangat lengkap. Mulai dari wisata pantai, bukit, gunung, kuliner, religi, wisata sejarah, seni budaya, danau, outbond area, camping ground, air terjun, pemandian air panas, kebun binatang, hingga taman wisata buatan semua tersedia di Garut. Hebatnya lagi, tempat-tempat wisata itu tersebar hampir di seluruh wilayah kecamatan.

Di Kecamatan Banjarwangi misalnya, telah dikembangkan beberapa destinasi wisata. Salah satunya wisata riverboarding dan rivertubing Cikaengan yang menantang adrenalin para pecinta wisata petualangan. Sungai Cikaengan sendiri mengalir dari kaki gunung Cikuray dan bermuara di pantai selatan.

Berbicara tentang gunung, Garut memiliki 3 gunung populer dan menjadi tujuan favorit para pendaki. Tidak hanya disukai para pendaki lokal, 3 gunung di Garut ini juga sering dikunjungi oleh pendaki dari luar kota, seperti dari Bekasi, Bandung, Tasik dan para pendaki dari kota lainnya di Jawa Barat dan DKI Jakarta. Bahkan dari Jawa Tengah dan Jawa Timur pun tak sedikit pendaki yang datang.

Mana saja gunung di Garut yang termasuk gunung terpopuler di Jawa Barat dan menjadi destinasi favorit para pendaki? Berikut ini list 3 gunung di Garut yang populer, diurutkan berdasarkan ketinggian puncaknya.

1. Gunung Cikuray

Cikuray Gunung di Garut
Cikuray saat pemandangan tertutup kabut
sunrise gunung cikuray
Sunrise dan hamparan awan Cikuray
Open trip gunung Cikuray zonalibur
Open trip pendakian gunung Cikuray ZonaLibur.com

Gunung Cikuray (2821 mdpl) merupakan gunung tertinggi di Garut sekaligus sebagai gunung tertinggi ketiga di Jawa Barat setelah Ciremai (3078 mdpl) dan Gede Pangrango (2958 mdpl). Gunung Cikuray dapat ditempuh melalui beberapa jalur pendakian, diantaranya dari jalur Pemancar Cilawu, jalur Bayongbong dan jalur Cikajang.

Tiket masuk gunung Cikuray cukup murah, dari mulai yang gratis, Rp. 15.000 sampai Rp. 25.000, tergantung jalur pendakian yang ditempuh.

Puncak gunung Cikuray menawarkan view yang luar biasa. Jika cuaca sedang cerah, dari atas puncak pendaki dapat menyaksikan garis pantai selatan, lanskap Garut kota dan Garut selatan, gunung Papandayan, gunung Guntur, gunung Ciremai dan gunung Slamet. Gunung Cikuray juga dikenal dengan julukan negeri di atas awan karena sesaat setelah fajar menyingsing, pendaki dapat menyaksikan hamparan awan tebah yang sangat indah. Waktu yang tepat untuk mendaki gunung Cikuray adalah pada musim kemarau. Kalau musim hujan, sering terjadi badai dan pemandangan tertutup kabut tebal.

2. Gunung Papandayan

Papandayan Gunung di Garut

Gunung Papandayan adalah gunung tertinggi kedua di Garut dengan ketinggian puncak mencapai 2.665 mdpl. Gunung Papandayan juga menjadi pemecah rekor sebagai gunung dengan biaya pendakian termahal di Garut. Simak ulasannya, Estimasi Biaya Mendaki Gunung Papandayan Pasca Harga Tiket Naik.

Berbeda dengan gunung Cikuray, jalur pendakian gunung Papandayan relatif lebih landai dan bersahabat dengan pendaki pemula serta wisatawan umum. Sehingga gunung ini tidak hanya dikunjungi oleh para pendaki, namun juga oleh wisatawan yang rekreasi.

Guung Papandayan tidak hanya populer di Jawa Barat, namun sudah cukup terkenal ke luar Jabar. Keindahan gunung ini tidak diragukan lagi. Spot yang ditawarkan antara lain kawah Papandayan, Hutan Mati, Pondok Salada, Tegal Alun dan kawasan konservasi Tegal Panjang.

3. Gunung Guntur

Guntur Gunung di Garut

Gunung Guntur ketinggian puncaknya hanya 2249 mdpl. Tapi jangan salah, trek pendakian gunung Guntur terbilang berat. Trek bebatuan dan pasir membuat pendakian terasa begitu melelahkan. Bahkan tak sedikit pendaki yang mengatakan, gunung Guntur merupakan Mahameru-nya Garut.

Jalur pendakian resmi gunung Guntur dapat ditempuh via Curug Citiis. Ada juga jalur alternatif, yaitu jalur Cikahuripan. Berdasarkan info yang saya baca, jalur Cikahuripan merupakan kawasan konservasi yang sebetulnya tidak boleh dijamah kecuali untuk kepentingan penelitian. Namun batas-batas wilayah konservasi sendiri masih belum jelas.

Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 15.000 per orang, pendaki dapat menikmati view Garut utara dan deretan gunung yang sangat indah dari atas puncak gunung Guntur. Setiap akhir pekan atau hari libur, gunung ini pasti ramai oleh ratusan pendaki dari berbagai kota.

Itulah top 3 gunung di Garut yang populer di Jawa Barat dan menjadi tujuan favorit para pendaki. Kamu mau pilih mendaki gunung yang mana?

Untuk yang belum pernah ke Garut atau belum pernah mendaki gunung tapi ingin coba menjelajah salah satu atau ketiga puncak gunung populer di Garut? silakan contact us.

Tentang Penulis: Husni Cahya Gumilar

Gambar Gravatar
CEO ZonaLibur.com. Pria kelahiran Banjarwangi Kabupaten Garut yang hobi jalan-jalan, menulis dan dengerin marawis. Intinya saya bukan selebritis.