Uniknya Gua Jomblang Jogja “Menghasut” Wisatawan Nusantara Untuk Bercaving Ria

By Categories : Wisata Alam

Hai, kali ini saya akan share destinasi wisata yang tak boleh Zobur Lovers lewatkan. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini.

Gua Jomblang merupakan salah satu dari ratusan kompleks gua Gunungkidul yang terkenal karena keunikan serta keindahan tak terbantahkan. Berlokasi di rentangan perbukitan karst pesisir selatan yang memanjang dari Gombong, Jawa Tengah; hingga kawasan karst Pegunungan Sewu, Pacitan, Jawa Timur, Gua Jomblang pernah dijadikan tempat pengambilan gambar Amazing Race Amerika pada tahun 2011.

Gua vertikal yang bertipe collapse doline ini terbentuk akibat proses geologi amblesnya tanah beserta vegetasi yang ada di atasnya ke dasar bumi yang terjadi ribuan tahun lalu. Runtuhan ini membentuk sinkhole atau sumuran dengan luas mulut gua sekitar 50 meter persegi. Dalam bahasa Jawa sumuran juga dikenal dengan istilah luweng, hingga gua ini pun sering disebut dengan nama Luweng Jomblang.

Gua Jomblang Yogyakarta

Gua Jomblang Yogyakarta via travel.detik.com

Salah satu kegiatan yang wajib dicoba adalah caving atau susur gua. Untuk memasuki Gua Jomblang diperlukan kemampuan teknik tali tunggal atau single rope technique (SRT). Oleh karena itu, bagi Zobur Lovers yang hendak caving di gua ini wajib menggunakan peralatan khusus sesuai dengan standar keamanan caving di gua vertikal serta harus didampingi oleh penelusur gua yang sudah berpengalaman, dan tenang saja, di Gua Jomblang sudah ada pemandu yang siap mendampingi para Zobur Lovers untung bercaving ria.

Ada beberapa lintasan di Gua Jomblang dengan ketinggian beragam mulai 40 hingga 80 meter. Nah bagi Zobur Lovers yang baru pertama kali menuruni gua vertikal, disarankan memilih lintasan terpendek atau biasa disebut dengan jalur VIP.

Jika di atas sejauh mata memandang hanya akan menemui perbukitan karst dan jati yang meranggas, maka di perut Gua Jomblang terhampar pemandangan hijaunya hutan yang sangat subur. Aneka lumut, paku-pakuan, semak, hingga pohon-pohon besar tumbuh dengan rapat. Hutan dengan vegetasi yang jauh berbeda dengan kondisi di atas ini sering dikenal dengan nama hutan purba. Sejak proses runtuhnya tanah ke bawah, vegetasi ini terus hidup dan berkembang biak hingga saat ini.

Penelusuran Zobur Lovers tidak akan berhenti sampai Jomlang saja, Zobur Lovers bisa melanjutkan perjalanan ke Luweng Grubung dengan memasuki sebuah entrance (mulut gua) yang berukuran sangat besar. Jomblang dan Grubug dihubungkan dengan sebuah lorong sepanjang 300 meter. Aneka ornamen cantik seperti batu kristal, stalaktit, serta stalagmit yang indah turut menghiasi lorong.

Setelah itu Zobur Lovers akan menemukan sungai bawah tanah yang masih satu sistem dengan Kalisuci mengalir dengan deras. Zobur Lovers juga bisa menyaksikan sinar matahari yang menerobos masuk dari Luweng Grubug setinggi 90 meter membentuk satu tiang cahaya, menyinari flowstone yang indah serta kedalaman gua yang gulita. Air yang menetes dari ketinggian turut mempercantik pemandangan.

Keterangan:

  • Waktu terbaik untuk menikmati keindahan Gua Grubug adalah pukul 10.00 – 12.00. Sebab pada saat itu matahari berada di atas kepala sehingga tercipta pilar cahaya yang indah.
  • Jumlah maksimal yang diijinkan untuk masuk Gua Jomblang dalam waktu yang bersamaan adalah 25 orang. Hal ini bertujuan untuk menjaga stabilitas ekosistem dan kondisi gua.
  • Harga tiket caving Jomblang Rp 450.000 (sewaktu-waktu bisa berubah) sudah termasuk guide, peralatan SRT set, makan siang, asuransi IAG (tidak termasuk transport). Pembayaran dilakukan secara cash di lokasi.
  • Jika perlu transportasi dari Jogja, tersedia mobil Avanza berkapasitas 6 orang dengan biaya Rp 500.000 (pulang pergi- sewaktu-waktu bisa berubah). Berangkat dari Jogja jam 7.30, tiba di Gua Jomblang jam 9.30, persiapan dan masuk Gua jam 10.30 selesai jam 13.30.

Bagaimana menarik bukan? Dijamin liburan Zobur Lovers akan terasa berbeda.

Selamat berlibur.

Uniknya Gua Jomblang Jogja “Menghasut” Wisatawan Nusantara Untuk Bercaving Ria | Yura Aliazee | 4.5
Leave a Reply