Green Canyon, Destinasi Primadona di Pangandaran yang menakjubkan

Green Canyon, Destinasi Primadona di Pangandaran yang menakjubkan – Nama Green Canyon (Ngarai Hijau) di #Pangandaran merupakan plesetan dari nama Grand Canyon yang ada di Colorado, Amerika Serikat. Orang Sunda menyebut Green Canyon dengan sebutan Cukang Taneuh, dalam bahasa Indonesia berarti Jembatan Tanah. Nama Green Canyon ini dipopulerkan oleh seorang berkebangsaan Prancis pada tahun 1993.

Green Canyon adalah destinasi di #Jawa Barat yang terletak di Desa Kertayasa Kecamatan Cijulang Pangandaran. Ngarai ini terbentuk akibat aliran sungai Cijulang selama jutaan tahun. Bebatuan dan rimbunnya pepohonan di sekitar ngarai menyajikan alam yang khas dan menantang. Objek wisata ini begitu sejuk, kegiatan yang bisa dilakukan di antaranya panjat tebing, berenang, bersampan dan memancing.

Objek wisata Green Canyon dibuka mulai pukul 07.00 sampai dengan 17.00 WIB, khusus hari Jum’at objek wisata primadona Pangandaran ini baru dibuka setelah shalat Jum’at, sekitar pulul 13.00 WIB.

Rute Perjalanan ke Green Canyon

Jika berangkat dari Jakarta, jalur terbaik menggunakan mobil adalah lewat Bandung menuju Tasikmalaya. Dari Tasik, terdapat dua jalur. Jalur pertama adalah jalur timur lewat Kota Tasik, Ciamis, Kota Banjar, Pangandaran, Parigi lalu Cijulang dengan jarak kurang lebih 170 km. Kedua, jalur selatan melewati Kota Tasik, Cipatujah, Cikalong, Cimanuk lalu ke Cijulang. Jalur ini memiliki jarak tempuh kurang lebih 60 km.

Dari situ dapat dilanjutkan ke Green Canyon menggunakan perahu kayu yang disebut Ketinting dengan tarif Rp. 75.000 per orang. Ketinting mampu menampung penamumpang sebanyak 5 orang dan akan menghabiskan waktu tempuh selama 30 – 45 menit.

Di sepanjang perjalanan menyusuri sungai, Anda akan disuguhi pemandangan alam yang menakjubkan. Pohon-pohon hijau yang menjulang di tepi sungai Cijulang, menyaksikan satwa liar dan menikmati arit terjun dari sisi tebing. Jangan lupa untuk menyiapkan kamera selama perjalanan menyusuri sungai

Kegiatan Wisata Green Canyon

Kegiatan wisata yang bisa dilakukan di #Green Canyon antara lain panjat tebing, berenang, bersampan dan memancing di atas perahu sampan di sungai yang jernih sambil melihat ikan berenang. Anda juga dapat berjalan-jalan menyusuri gua dengan stalaktit dan stalagmit yang sangat indah.

Fasilitas Destinasi Green Canyon

Setelah puas berenang dan menikmati keindahan Green Canyon, Anda bisa bersantai di warung makan yang tersedia dekat lokasi parkir. Anda juga bisa mencari oleh-oleh seperti kaos. Penginapan dapat Anda temukan di kawasan Pantai Batu Karas, kurang lebih 15 menit dari Green Canyon. Anda juga bisa mencoba Bonsai Bungalow dengan biaya Rp. 300.000 per malam untuk 3 orang.

Kalau dalam waktu dekat Anda berencana mengunjunginya, jangan lupa membawa baju ganti, membawa tas kering untuk melindungi barang karena akan banyak melakukan aktifitas dengan air, membawa kamera untuk mengabadikan keindahan Green Canyon yang tidak akan ditemukan di tempat lain, serta disarankan membawa makanan dan minuman karena harga di sana cukup mahal. Selamat berwisata!

Green Canyon, Destinasi Primadona di Pangandaran yang menakjubkan | Husni Cahya Gumilar | 4.5