Estimasi Biaya Liburan ke Yogyakarta 3 Hari 2 Malam

Berapa biaya liburan ke Yogyakarta?

Pertanyaan itu akan terlontar dari sobat traveler yang belum pernah liburan ke Yogyakarta atau sudah lama tidak mengunjungi tempat wisata di Jogja. Hal yang umum dilakukan sebelum berangkat ke tempat wisata adalah mencari informasi destinasi wisata baik melalui internet atau membaca buku panduan wisata. Setelah menemukan informasi yang cukup mengenai destinasi yang akan dikunjungi, selanjutnya mencari informasi berapa estimasi biaya yang dibutuhkan. Nah, jika kamu sedang mencari estimasi biaya liburan ke Yogyakarta, maka postingan ini tepat untuk dibaca.

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) atau Jogja sejauh ini masih merupakan destinasi wisata unggulan di pulau Jawa. Terbukti dengan banyaknya backpacker dan traveller baik domestik maupun mancanegara yang berkunjung ke Jogja. Yogyakarta memang memiliki banyak daya tarik untuk dikunjungi. Kota Gudeg ini menyuguhkan tempat wisata alam yang masih asri, wisata sejarah, wisata belanja serta biaya hidup yang terkenal murah.

Biaya liburan ke Yogyakarta
Jalan Malioboro (sumber: wikipedia)

Biaya Liburan ke Yogyakarta

Tiket Kereta Api

Hal pertama yang harus dihitung tentunya ongkos dari tempat kamu ke Jogja. Dari kota-kota di pulau Jawa banyak rute kereta api menuju Yogyakarta. Sedangkan dari luar pulau jawa, bisa menggunakan pesawat terbang atau kapal laut. Untuk tiket kereta api dari stasiun di kotamu menuju stasiun Lempuyangan Yogyakarta, silakan cek langsung di website resmi PT. KAI.

Sebagai contoh, harga tiket kereta api PROGO kelas ekonomi dari stasiun Pasar Senen (PSE) Jakarta ke stasiun Lempuyangan (LPN) Yogyakarta untuk jadwal keberangkatan tanggal 2 April 2018 pukul 22.20 tiba di stasiun Lempuyangan tanggal 3 April 2018 pukul 06.36 Rp. 140.000 per orang dan jadwal kepulangan tanggal 5 April 2018 dengan kereta GAYA BARU MALAM SELATAN (17.08-01.55) Rp. 104.000 per orang. Total tiket kereta api Rp. 244.000 per orang. Sebetulnya bisa lebih murah atau lebih mahal, bergantung dari kereta dan jam pemberangkatan yang dipilih.

Kalau dilihat dari jadwal trip ke Yogyakarta pada ilustrasi di atas, plus lama perjalanan pulang pergi terhitung 4 hari 4 malam yaitu berangkat dari Jakarta tanggal 2 sore, tiba di Jakarta lagi tanggal 5 April dini hari. Namun saya hitung selama di Jogja saja, yaitu tiba tanggal 3 pagi dan pulang tanggal 5 sore. Artinya akan butuh biaya penginapan selama 2 malam dan biaya hidup di Jogjakarta selama 3 hari 2 malam.

Biaya Transfor Selama di Yogyakarta

Di Yogyakarta tersedia sewaan mobil dan motor. Tarif motor Rp. 60.000 per hari. Kamu bisa mencari informasi penyedia jasa sewaan motor atau mobil di internet. Hubungi penyedia sewaan kendaraan untuk menjemputmu di stasiun Lempuyangan. Jaminan biasanya berupa kartu identitas. Jika menggunakan sewaan motor selama 3 hari, maka biayanya 3 x 60.000 = Rp. 180.000 per motor (bisa dipakai berdua).

Makan di Yogyakarta 3 Hari 2 Malam

Makan di Yogyakarta cukup murah, harga makan murah di Jogja rata-rata Rp. 10.000. Jika selama 3 hari 2 malam kamu makan sebanyak 9 kali, maka biaya makan selama 3 hari 2 malam hanya Rp. 90.000,- (belum termasuk jajan dan membeli oleh-oleh).

Penginapan di Yogyakarta

Yogyakarta memang terkenal sebagai tempat liburan favorit dan murah. Harga penginapan di Yogyakarta tersedia mulai Rp. 75.000 per malam. Jika kamu menginap di tempat penginapan murah dengan tarif Rp. 75.000 maka perlu merogoh kocek Rp. 150.000 untuk 2 malam. Murah bukan?

Baik, mari kita akumulasikan biaya liburan murah ke Yogyakarta selama 3 hari 2 malam (berangkat dari stasiun Pasar Senen Jakarta).

  • Tiket kereta api PP Rp. 244.000
  • Sewa motor 3 hari Rp. 180.000
  • Makan 9 kali Rp. 90.000
  • Penginapan 2 malam Rp. 150.000

Jumlah total Rp. 664.000 per orang. Jika berangkat berdua, bisa lebih hemat di biaya penginapan. Tidak sampai 700 ribu bukan? Tapi belum termasuk pengeluaran bahan bakar, jajan, tiket masuk tempat wisata dan membeli oleh-oleh. Siapin lah uang sekitar 1 juta untuk liburan murah ke Yogyakarta selama 3 hari 2 malam ala backpacker.

Daftar tempat wisata di Yogyakarta bisa kamu baca di sini yang sudah saya tulis sebelumnya.

Tentang Penulis: Husni Cahya Gumilar

Gambar Gravatar
CEO ZonaLibur.com. Pria kelahiran Banjarwangi Kabupaten Garut yang hobi jalan-jalan, menulis dan dengerin marawis. Intinya saya bukan selebritis.