Eksotisme Wisata Air Terjun Saluopa Kabupaten Poso

Keindahan wisata air terjun Saluopa di Kabupaten Poso sudah tidak diragukan lagi. Aliran air terjun yang jernih mengalir deras melewati 12 tingkatan. Di setiap tingkatan air terjun Saluopa terbentuk kolam kecil, Anda bisa menggunakan batu-batu di tiap tingkatan air terjun tersebut sebagai pijakan untuk naik ke tingkatan paling atas. Walaupun batu-batunya tidak licin, namun kita harus tetap berhati-hati agar tidak terpeleset dan jatuh terbawa arus.

Air terjun Saluopa berasal dari mata air pegunungan setempat, tidak heran bila airnya pun sangat jernih dan bersih. Tingkatan bebatuan di bawah curug utama membuat pemandangan di sana sangat indah. Ditambah dengan pohon-pohon rimbun dan semak-semak hijau yang terdapat di sekitar curug mengakibatkan hawa di lokasi wisata cukup sejuk dan menjadi pilihan tepat untuk melepaskan kejenuhan usai melaksanakan aktifitas.

air terjun saluopa

Seperti yang bisa Anda lihat pada gambar, air terjun Saluopa jernih sekali. Bahkan saking jernihnya, batu-batu di bisa kita lihat dengan jelas. Menariknya lagi, batu-batu tersebut tidak licin atau belumut.

Bila Anda mau sedikit mendaki, dari titik teratas air terjun Saluopa Anda dapat menyaksikan hutan tropis yang menyuguhkan pemandangan alam yang amat bagus. Hijaunya dedaunan dan segarnya udara ditemani kicau burung dan suara air terjun membuat suasana di lokasi wisata semakin tenang serta membuat pikiran kita kembali fresh.

Air terjun Saluopa terletak di Desa Tonusu, Kecamatan Pamona Utara, Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah. Berjarak sekitar 54 km arah tenggara dari pusat kota Poso atau 12 km arah barat dari kota Tentena. Kota Tantena merupakan kota kecil di Kabupaten Poso, jika Anda berangkat dari kota Palu menggunakan kendaraan pribadi membutuhkan waktu tempuh kurang lebih 7 – 8 jam.

Dari kota Tantena menuju wisata air terjun Saluopa bisa menggunakan kendaraan bermotor. Untuk tiba di lokasi, dari akses jalan raya dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati jalan setapak sejauh kurang lebih 500 meter. Tempat wisata alam lainnya yang bisa Anda kunjungi saat berada di Tantena adalah Danau Poso. Lokasi danau tersebut juga berada tidak jauh dari Air Terjun Saluopa. Sehingga jauhnya perjalanan akan terbayar lunas oleh spot-spot eksotis di kota Tantena.

Bila Anda kebetulan sedang berada atau berkunjung ke kota Tantena, datanglah ke lokasi air terjun Saluopa untuk menyaksikan keindahan alam ciptaan Tuhan yang sangat mempesona.

Demikianlah info tentang air terjun Saulopa di kota Tantena, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Semoga bermanfaat. Selamat berlibur.

Baca juga: Taman Nasional Kepulauan Togean, Wisata Bahari di Sulawesi Tengah

Tentang Penulis: Husni Cahya Gumilar

Gambar Gravatar
CEO ZonaLibur.com. Pria kelahiran Banjarwangi Kabupaten Garut yang hobi jalan-jalan, menulis dan dengerin marawis. Intinya saya bukan selebritis.