Curug Silancur Kebumen, Panorama Indah di Dalam Jurang

By Categories : Wisata Alam

Desa Wadasmalang, Kecamatan Karangsambung, Kebumen memiliki potensi pariwisata yang luar biasa. Keindahan alam khas pedesaan menjadi daya tarik tersendiri. Status desa ini yang juga pernah menjadi pusat pemerintahan Kabupaten Kebumen pada perang kemerdekaan, tentunya berkunjung ke sini akan terasa sangat istimewa. Apalagi di desa ini juga terdapat beberapa air terjun, salah satu yang mulai dikenal, yakni Curug Silancur.

Curug Silancur adalah air terjun dengan ketinggian 25 meter yang terletak di Cagar Alam Nasional Geologi Karangsambung, tepatnya di Desa Wadasmalang, Kecamatan Karangsambung, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Tak seperti curug pada umumnya, Curug Silancur tidak memilik ‘bak’ penampungan air di bawahnya. Air yang meluncur akan jatuh menghantam batuan besar sehingga menghasilkan percikan air yang segar. Jika terik matahari dalam keadaan sempurna, percikan air yang terbawa angin terlihat berwarna-warni seperti pelangi.

Baca juga: Curug Plumbon Kebumen, Formasi Air Terjun yang Sungguh Menawan

Curug Silancur mempunyai daya tarik tersendiri karena lingkungannya masih betul-betul alami. Kesunyian juga masih sangat terasa, sebab belum banyak pengunjung yang datang menikmati keindahan alamnya sehingga curug ini bisa dikatakan masih tersembunyi. Udara di sekitarnya sejuk dan sepanjang jalan menuju ke sana terdapat area perkebunan yang asri. Banyak dijumpai juga  pesawahan terasering warga yang sangat cantik serta pohon pinus yang rindang.

curug-silancur-kebumen

Curug Silancur berada di lereng perbukitan dengan ketinggian 220 meter di atas permukaan laut. Curug ini terlihat membentuk sebuah garis putih yang tinggi menjulang. Bersamaan dengan itu, terdengar juga suara gemericik air. Airnya yang jernih akan terasa sangat saat menyntuh sejuk di kaki maupun untukcuci muka.

Kondisi jalan menuju Curug Silancur sudah relatif mulus dengan aspal hotmix. Namun untuk menjangkau air terjun harus berjalan kaki melewati lerengan perbukitan yang terjal sejauh 400 meter. Di sekitar air terjun tak ada fasilitas apapun, hanya lahan parkir swadaya masyarakat di pinggir jalan raya. Selama perjalanan ke air terjun banyak dijumpai sungai-sungai kecil denga air jernih mengalir, bisa mengundang untuk turun sejenak merasakan sejuk dan jernihnya air pegunungan.

Tak ada kendaraan umum yang melewati Curug Silancur sehingga dianjurkan untuk menggunakan kendaraan pribadi terutama sepeda motor. Untuk menjangkau curug tersebut, rute yang dilewati adalah dari Kota Kebumen – Krakal (Alian) – Wadasmalang. Selepas pasar Krakal lanjutkan ke utara mengikuti jalan raya. Kemudian akan ada pertigaan dan ambil jalur kiri. Ikuti saja jalan raya tersebut hingga menemukan Pasar Wadasmalang. Berikutnya lanjutkan terus mengikuti jalan raya hingga menemukan belokan dengan tebing batu di kanan jalan. Dari sini perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menuruni jurang di kiri jalan.

Yang jelas, perlu stamina ekstra untuk bisa mencapai curug dengan ketinggian sekitar 25 meter itu. Meski hanya berjarak sekitar 400 meter dari tepi Jalan Wadasmalang- Pujegan, rute yang ditempuh naik turun. Selain itu, jurang yang harus dituruni pun memiliki sudut kemiringan sekitar 60 sampai 90 derajat. Namun dijamin pengunjung tidak akan menyesal, karena rasa lelah itu akan terobati setelah menyaksikan panorama air terjun yang menawan.

Bagi Anda pemburu tempat indah, bersih, alami, dan sunyi, pastikan berkunjung ke Curug Silancur. Jangan lupa ajak juga orang-orang terdekat Anda agar perjalanan lebih nyaman dan mengasyikan. Ayo jelajahi indonesiamu dan selamat berlibur!

Curug Silancur Kebumen, Panorama Indah di Dalam Jurang | Elsan Nasrillah | 4.5
Leave a Reply