Curug Plumbon Kebumen, Formasi Air Terjun yang Sungguh Menawan

By Categories : Wisata Alam

Curug atau air terjun yang sayang untuk dilewatkan di daerah Kebumen salah satunya adalah Curug Plumbon. Curug ini sering disebut juga dengan nama Curug Kali. Curug Plumbon ini merupakan salah satu curug yang tersembunyi di Kabupaten Kebumen. Pengunjung lokal pun belum banyak yang mengetahui keberadaan objek wisata alam ini.

Curug yang sangat menawan ini terletak di antara Dusun Grigak dan Dusun Plumbon di Desa Plumbon, Kecamatan Karangsambung. Curug ini memiliki jarak sekitar 16 km dari kota Kebumen ke arah timur laut. Curug ini juga dekat dengan objek wisata Pemandian Air Panas Krakal, hanya berjarak sekitar 4 km.

Curug Plumbon memiliki ketinggian kurang lebih 15 meter. Curug ini memiliki dua tingkatan, di mana air yang jernih dan segar berada di atasnya. Di antara jeda tingkatan Curug terbentuk sebuah kolam dengan warna kehijauan. Kolam tersebut luas dan dalam, sehingga wisatawan bisa menggunakannya  untuk berenang. Air yang jernih dan segar mengucur deras di atas bebatuan sedimen yang nampak bertumpuk-tumpuk. Meski curug ini tak terlalu tinggi, namun formasi air terjunnya begitu indah yang pasti membuat wisatawan terpesona.

Curug Plumbon atau Curug Kali Kebumen

Curug Plumbon atau Curug Kali Kebumen via lintaskebumen.wordpress.com

Curug Plumbon berada di aliran Sungai Grigak yang berhulu di Dusun Rowobayem, Desa Wadasmalang, Kecamatan Karangsambung atau di kaki Bukit Limar. Sungai ini sangat unik karena dasar sungai bukan tanah melainkan beralaskan batu dan memiliki formasi batuan yang unik layaknya sungai-sungai d kawasan Cagar Alam Geologi Karangsambung.

Baca juga: 21 Tempat wisata di Kebumen yang bagus selain pantai

Suasana alami masih sangat terasa di Curug Plumbon ini. Kebun-kebun warga mengapit Curug Plumbon dengan pohon-pohon yang hijau dan rindang. Udara wilayah pegunungan pun sangat terasa segar. Jalan menuju lokasi pun masih berupa hutan. Sebelah kiri kanan jalan masih terdapat banyak pepohonan yang tinggi seperti pohon jati, pohon kelapa, dan lain-lain.

Jika Anda tertarik dengan objek wisata Curug Plumbon, lokasinya dapat ditempuh dari Alun-alun Kebumen dengan mengambil arah ke utara sampai ke jalan HM. Sarbini. Ikuti jalan HM. Sarbini ke arah timur sampai ke pertigaan Kewedusan yang merupakan perbatasan antara jalan HM. Sarbini dengan jalan Tentara Pelajar. Dari sana, perjalanan masih lurus terus hingga jalan Suroturunan (jalan menuju Pasar Seruni).

Setelah sampai di pertigaan Seruni, ambil jalan ke kiri menuju Alian dan ikuti alan tersebut. Di sepanjang perjalanan ini, Anda bisa sambil menikmati pemandangan pegunungan dan tebing-tebing di kiri kanan jalan. Setelah sampai ke pertigaan Pasar Alian lalu belok kanan dan ikuti jalan tersebut sampai menemukan SMP 2 Karangsambung. Di sana Anda bisa menitipkan kendaraan yang Anda gunakan, karena perjalanan akan dilanjutkan dengan berjalan kaki. Kemudian Anda juga akan menyusuri sungai hingga sampai ke lokasi curug. Sungai tersebut dasarnya berupa bebatuan wadas sehingga airnya terlihat sangat jernih dari atas.

Baca juga: Curug Kedondong, Indahnya Menyaksikan Air yang Merayap di Bebatuan

Bagaimana? Anda tertarik? Makanya segera berkunjung ke Curug Plumbon yang menawan ini. Selamat berlibur!

Curug Plumbon Kebumen, Formasi Air Terjun yang Sungguh Menawan | Elsan Nasrillah | 4.5