Curug Ngebul, Tempat Wisata di Banjarwangi yang Tersembunyi

Curug Ngebul merupakan objek wisata alam andalan Kecamatan Banjarwangi Kabupaten Garut. Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut memang tidak begitu populer di kalangan wisatawan, Sebab Banjarwangi tidak memiliki banyak potensi wisata seperti kecamatan Pameungpeuk dan Bungbulang.

Saat ini Curug Ngebul menjadi satu-satunya potensi wisata di Banjarwangi. Keindahan Curug Ngebul Garut Selatan ini tidak kalah menarik dibanding curug lainnya di Garut. Namun letaknya tersembunyi, sehingga tempat wisata alam di Garut ini belum banyak diketahui wisatawan.

Curug Ngebul terletak di kampung Citilu, Desa Tanjungjaya, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Untuk tiba di lokasi wisata ini, bila dari Terminal Guntur Garut bisa naik elf jurusan Garut – Singajaya, berhenti di daerah Patrol.

Bila membawa kendaraan pribadi, di pertigaan Cigugur ambil jalur kiri ke arah Banjarwangi/ Singajaya. Anda akan melewati daerah Lawang Angin, di sebelah kanan jalan akan tampak tebing batu yang besar. Perjalanan dilanjutkan sampai ke gerbang utama kawasan Curug Ngebul di daerah Patrol. Lokasi Curug Ngebul ini agak sulit dijangkau, untuk tiba di lokasi Anda harus melintasi kebun dan hutan warga. Anda bisa menitipkan kendaraan di perkampungan warga.

Curug ngebul banjarwangi garut

Curug Ngebul, dokumentasi Utun Rieut KPA Jamparing

Perjalanan yang cukup jauh dan memacu adrenalin tidak akan terasa melelahkan sebab pemandangan alam di sepanjang perjalanan menuju lokasi Curug Ngebul sangat indah. Setiba di lokasi, Anda akan disambut oleh suara gemuruh air terjun dengan airnya yang cukup bening serta udara sejuk yang menyegarkan. Di bawah air terjun ini terdapat kubangan di yang membentuk kolam di atas batu sehingga cocok untuk dijadikan tempat berendam atau berenang.

Objek wisata Curug Ngebul belum lama ini dibuka untuk tujuan wisata di Kecamatan Banjarwangi Kabupaten Garut. Tempat wisata di Banjarwangi ini cocok untuk rekreasi atau liburan bersama sahabat dan keluarga. Bagi yang hobi camping, Anda juga bisa mendirikan tenda di sekitar curug.

Akomasi dan sarana penunjang wisata masih terbatas, sehingga wisatawan disarankan untuk mempersiapkan perbekalan secukupnya dari rumah.

Setelah puas bermain air di Curug Ngebul Banjarwangi, Anda bisa melanjutkan perjalanan wisata ke Pantai Santolo Pameungpeuk atau melihat goa Cibongas Singajaya sebagai goa bersejarah yang tersembunyi di Garut. Garut memang surganya para traveler, keindahan alam dan keramahan warganya sudah tidak diragukan lagi.

Baca juga: Curug Sanghyang Taraje, Pesona Tersembunyi Di Garut Selatan

Selamat berwisata, semoga menyenangkan!

Silakan bantu share, terima kasih.

Curug Ngebul, Tempat Wisata di Banjarwangi yang Tersembunyi | Husni Cahya Gumilar | 4.5