Curug Kedondong, Indahnya Menyaksikan Air yang Merayap di Bebatuan

By Categories : Wisata Alam

Curug Kedondong terletak di Desa Gunungsari, Kecamatan Karanggayam, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Curug yang juga dikenal dengan sebutan Curug Gunungsari ini memiliki ketinggian sekitar 23 meter. Tidak seperti umumnya curug yang airnya mengucur atau mengalir deras ke bawah, air di Curug Kedondong merayap melalui bebatuan andesit yang berukuran besar. Pengunjung dapat merasakan kesegaran air Curug Kedondong atau duduk di atas bebatuan di sekitar curug sembari menikmati pemandangan alam yang ditawarkan di sekitar Curug.

Curug Kedondong memiliki suasana alam yang masih sangat alami. Maklum saja, curug ini belum terjamah manusia luar kecuali warga desa setempat. Curug ini berada di batas hutan pinus dengan hutan garapan warga. Jadi, sumber air dari Curug Kedondong berasal dari aliran sungai di sela-sela hutan pinus di atasnya. Sungai yang berarah Barat ke timur tersebut berasal dari bukit bukit di bagian hulunya seperti Bukit Igir Kunir, Bukit Igir Gepuk dan Bukit Batok. Nah, Curug Kedondong berada di bagian timur dari Bukit Batok.

curug-kedondong-kebumen

Curug Kedondong Kebumen via Youtube

Curug Kedondong tidak memiliki kolam untuk berenang ataupun berendam. Hal tersebut karena di bawah curug hanya terdiri dari bongkahan-bongkahan batu. Curug Kedondong juga tidak banyak dikelilingi pohon rindang sehingga akan cukup panas jika harus berlama lama dibawah air terjun saat cuaca panas terik. Namun tak perlu risau, pengunjung tetap bisa berteduh di pohon-pohon dan gubuk yang tak jauh dari curug.

Lokasi Curug dapat ditempuh oleh wisatawan dengan berjalan kaki. Dikarenakan Curug Gunungsari ini belum dikelola oleh Pemerintah maupun warga setempat, jadi pengunjung yang ingin melihat dan merasakan kesegaran air serta pemandangannya harus rela berjalan kaki sekitar 450 meter dari pemukiman warga menuju lokasi Curug. Lelah saat menempuh perjalanan menuju Curug akan segera sirna saat pengunjung tiba di Curug Kedondong.

Curug ini berjalak sekitar 17 km ke arah utara Kota Karanganyar dan sejauh 26 Km ke arah barat laut Kota Kebumen.  Rute perjalanannya yaitu dari Karanganyar mengambil ruas jalan menuju Karanggayam atau melalui Jl. Raya Karanggayam hingga bertemu pertigaan yang tak jauh dari SDN 1 Kalirejo. Ambil jalan ke kanan meskipun arah ke kiri juga bisa. Ambil jalan ke kanan menuju Jl. Raya Logandu, setelah berkendara selama 3 menit atau 2,5 km kemudian akan menemui pertigaan. Lurus ke Desa Logandu dan belok ke kiri ke desa Gunungsari. Ambilah ke kiri dan ikuti jalan sekitar 2 Km dan belok ke kiri lagi. Lokasi curug Kedondong ini sebelum SDN 1 Gunungsari dan Pasar Soma.

Baca juga: Tirai Air yang Mengagumkan di Air Terjun Sudimoro

Demikian informasi yang bisa diuraikan mengenai Curug Kedondong. Semoga dapat menambah referensi tujuan wisata Anda selanjutnya. Selamat berlibur!

Curug Kedondong, Indahnya Menyaksikan Air yang Merayap di Bebatuan | Elsan Nasrillah | 4.5
Leave a Reply