Indahnya Pesona Curug Indah Tegalrejo Yogyakarta

By Categories : Wisata Alam

Bosan mantai kaya anak pantai yang sebenarnya tidak memantai? (Hihi bahasa apaan sih ini..) Ganti dong, main ke curug gituh kali-kali. hihi

Curug Indah Tegalrejo, Gedangsari, Gunungkidul Keindahan Alam yang Tersembunyi – satu lagi keindahan Gunungkidul yang tersembunyi yang masih belum banyak dikunjungi wisatawan. Tersembunyi karena jarang tereksplore juga karena letaknya yang berada di sudut timur Gunungkidul, terpisah dengan jalur wisata utamanya. Curug ini terletak di dusun Tegalrejo, tepatnya di Desa Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Curug Indah Tegalrejo

Curug ini mempunyai banyak nama, ada yang bilang namanya curug bayat karena terletak di dekat daerah bayat, ada yang bilang juga curug Gedangsari karena letaknya di wilayah Gedangsari. Di gapura masuk lokasi wisata ini tertulis curug taman wisata, kemungkinan lokasi ini akan ditetapkan menjadi taman wisata.

Rute Menuju Curug Indah Tegalrejo

Mengunjungi Curug Indah Tegalrejo ini baiknya saat peralihan musim hujan ke kemarau karena menurut warga saat pertengahan musim kemarau airnya kering. Untuk mencapai lokasi ini ada dua rute menuju Curug Indah yaitu rute pertama dari melalui jalan wonosari, rute kedua melalui via Klaten.  Kebanyakan memilih rute ke-2 karena jalannya relatif datar dan tidak berkelok-kelok. Berangkat dari jogja menuju melewati candi Prambanan menuju stasiun Srowot, lalu mengikuti jalan yang ada menuju pasar Wedi. Dari tugu pasar Wedi ambil kanan menuju daerah Bayat. Dari Bayat langsung menuju daerah Gedangsari, Gunungkidul melewati dua jembatan sungai yang berdekatan.

Tidak jauh dari dua jembatan tersebut akan ada papan petunjuk jalan smp 2 Gedangsari. Ikuti papan petunjuk tersebut sampai menemukan tugu di tengah jalan lalu ambil kanan. Ikuti jalan tersebut melewati gapura perbatasan Gunungkidul-Klaten nanti anda akan sampai di Gapura depan lokasi wisata ini. jika anda bingung di perjalanan jangan sungkan untuk bertanya pada penduduk setempat.

Keindahan Curug Indah Tegalrejo

Memasuki area Curug Indah Tegalrejo yang berupa aliran sungai bawah tebing, terlihat air terjun memiliki bentuk bertingkat- tingkat. Bentuk ini mirip dengan air Terjun Tujuh Bidadari yang terletak di dekat Bandungan, Kabupaten semarang. Bedanya jarak antar cekungan dan tingkatan lumayan berjauhan.

Di setiap tingkatan membentuk cekungan air yang cocok digunakan untuk mandi dan berenang. Namun harus berhati- hati karena beberapa cekungan cukup dalam dan tidak disarankan bagi yang belum bisa berenang. Diperkirakan dasar cekungan air tersebut sedalam dua sampai tiga meter dan tertutup oleh lumut sehingga tidak terlihat dasar cekungannya.

Objek wisata Curug Indah yang terletak di Desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari, Gunung Kidul, DIY belum dikelola secara maksimal. Objek wisata alam di kawasan itu perlu dikembangkan lebih serius.  Perlu ada perpaduan antara pemerintah desa dengan pemilik lahan sekitar Curug Indah apabila ingin mengembangkan objek wisata ini. Kawasan ini juga belum dipromosikan secara luas oleh Pemerintah Kabupaten Gunungkidul.

Baca juga: Getuk? Bukan Makanan, Ini Curug Sri Gethuk

Nah, bagaimana tertarik kan untuk mengunjungi Curug Indah Tegalrejo? Selain berlibur Anda juga ikut berpartisipasi untuk meningkatkan rating curug tersebut.

Selamat berlibur..

Indahnya Pesona Curug Indah Tegalrejo Yogyakarta | Yura Aliazee | 4.5