Cikaengan, Spot Baru River Boarding di Garut

River boarding atau selancar sungai, di Eropa dikenal dengan sebutan hydrospeed. River boarding pertama kali muncul di Perancis pada tahun 1970an. Di Indonesia sendiri river boarding mulai diperkenalkan pada tahun 2000-an.

Pada tahun 2013, tepatnya 6-10 November 2013 di Sungai Citarum diadakan kejuaraan river boarding dunia yang diikuti oleh 42 peselancar sungai dari 10 negara.

Selancar sungai tergolong olahraga ekstrem, baik untuk kesehatan fisik dan meregangkan otot-otot. Sensasinya dapat memompa adrenalin, papan boarding bergerak cepat mengikuti arus sungai dan selama pengarungan tubuh peselancar sejajar dengan permukaan air.

Meskipun begitu, olah raga selancar sungai aman dilakukan oleh pemula bahkan yang tidak bisa renang sekalipun.

Nah, Anda yang penasaran ingin mencoba keseruan olahraga air ini, Anda boleh datang ke Garut. Di Garut, tepatnya di Kecamatan Banjarwangi terdapat sungai Cikaengan yang mengalir dari kaki gunung Cikuray dan bermuara di pantai selatan. Airnya bersih dan jeram level sedang.

River Boarding Cikaengan Banjarwangi - Garut

River Boarding Cikaengan Banjarwangi – Garut

Kini, Cikaengan mulai dikembangkan menjadi spot river boarding di Garut. Sekelompok pemuda Kecamatan Banjarwangi yang tergabung dalam komunitas Jamparing menginisiasi kegiatan olah raga selancar sungai sekaligus melakukan kampanye sosial pada masyarakat setempat agar merawat dan menjaga kelestarian sungai Cikaengan.

River boarding Cikaengan termasuk level aman dan cocok untuk pemula. Jeram-jeramnya sangat asyik buat hiburan, tidak hanya bagi kaum laki-laki, namun juga buat kaum hawa yang hobi berpetualang di alam bebas.

Sebelum pengarungan, peselancar sungai Cikaengan akan dibekali teori dasar, pemanasan, helm, pelampung. Saat berselancar, river guide turun langsung menemani petualangan Anda. Rescue darat pun siaga di lokasi-lokasi jeram.

Untuk mengetahui kondisi selengkapnya silakan nonton video river boarding Cikaengan yang berdurasi 4,5 menit di bawah ini.

Akses jalan menuju Cikaengan Banjarwangi

Dari Bandung, naik bus jurusan terminal Guntur Garut. Perjalanan kemudian dilanjutkan dengan naik elf jurusan Singajaya, turun di alun-alun/pasar Banjarwangi selama kurang lebih 2 jam. Dari situ, Anda bisa menghubungi Utun Jamparing.

Jika memakai kendaraan pribadi, ikuti saja arah ke Pameungpeuk. Di pertigaan Cigugur, tepatnya sebelum Batu Tumpang, ambil jalur kiri menuju Banjarwangi.

Info wisata River boarding, silakan hubungi Utun Jamparing (081221655265).

Selamat berselancar di sungai Cikaengan. Semoga menyenangkan!

Cikaengan, Spot Baru River Boarding di Garut | Husni Cahya Gumilar | 4.5