Mau Kemping di Gunung Papandayan? Begini Cara Daftarnya

Cara daftar kemping di Gunung Papandayan – Halo sobat petualang! Olahraga mendaki gunung belakangan ini semakin digandrungi kaula muda, mahasiswa dan pelajar. Bahkan bisa dikatakan, mendaki gunung menjadi tren pergaulan dan kebanggan anak muda. Bangga rasanya bisa foto-foto di atas ketinggian sambil (pura-pura) memegang mentari pagi.

Satu sisi, aktifitas pendakian memberikan nilai positif bagi para pendaki. Namun di sisi lain, jika tidak dibarengi dengan pengetahuan dasar tentang keselamatan olahraga di alam bebas serta kesaradan menjaga lingkungan justru lambat laut akan menjadi ancaman baik bagi si pendaki itu sendiri maupun bagi ekosistem hutan.

Pengaruh film 5 CM dan acara-acara petualangan di televisi ternyata menjadi pemicu tersendiri bagi anak muda untuk mencoba hiking atau camping di gunung. Hanya dengan modal keberanian, tanpa mengetahui kearifan lokal setiap gunung akibatnya banyak diberitakan pendaki tersesat di gunung atau banyak sampah berserakan.

Di sinilah perlunya pembinaan terhadap mereka. Organisasi pecinta alam dan pendaki gunung memang diperlukan, tinggal sistem pendidikannya saja yang perlu dibenahi. Dalam hal ini, Wanadri patut menjadi contoh.

cara daftar kemping di gunung Papandayan Garut

Balik lagi ke topik, tentang cara daftar kemping di Gunung Papandayan.

Tempat kemping di Papandayan yang diperbolehkan adalah di areal kemping Pondok Saladah. Cara daftar kemping di Papandayan sangatlah mudah, Andam ketua kelompok atau salah satu dari rombongan tinggal mengisi biodata peserta kemping di pos pendaftaran sambil membayar tiket masuk gunung Papandayan.

Selain kemping ceria di Papandayan, kegiatan-kegiatan yang bisa Anda lakukan di sana antara lain:

  • Penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan pendidikan
  • Pembuatan film dan atau video klip, dalam bentuk film dokumenter, film komersial, film promosi.
  • Pembuatan foto komersial, dan
  • Ekspedisi

Daftar kemping di Gunung Papandayan tidak perlu booking, Anda tinggal datang saja ke sana membawa perlengkapan dan peralatan naik gunung. Jika tidak ingin repot membawa perlengkapan, di Gunung Papandayan juga sudah tersedia sewaan alat kemping serta guide untuk menemani malam Anda di alam terbuka.

Itulah info singkat tentang cara daftar kemping di Papandayan, semoga bermanfaat!

Tentang Penulis: Husni Cahya Gumilar

Gambar Gravatar
CEO ZonaLibur.com. Pria kelahiran Banjarwangi Kabupaten Garut yang hobi jalan-jalan, menulis dan dengerin marawis. Intinya saya bukan selebritis.