VPS Murah
Klik di sini!Info River Boarding dan Water Tubing Banjarwangi

Burung Kasuari, Burung Agresif Endemik Pulau Papua

Burung Kasuari merupakan satwa sejenis burung yang mempunyai ukuran tubuh sangat besar dan tidak bisa terbang, kecuali Kasuari Kerdil. Burung Kasuari merupakan binatang endemik pulau Papua. Burung ini termasuk binatang langka yang dilindungi. Di dunia, burung galak ini hanya hidup di Papua dan sekitarnya. Kecuali jenis Kasuari Gelambir Ganda (Casuarius casuarius), dapat juga ditemukan di Maluku dan timur laut benua Australia.

Burung Kasuari merupakan burung agresif dan galak. Konon, The Guinnes Book of Records memasukkan burung Kasuari sebagai burung paling berbahaya di dunia. Burung yang menjadi identitas Provinsi Papua Barat ini termasuk binatang yang dilindungi di Indonesia.

Burung Kasuari terdiri atas tiga jenis (spesies), yaitu Kasuari Gelambir Tunggal (Casuarius unappendiculatus), Kasuari Gelambir Ganda (Casuarius casuarius), dan Kasuari Kerdil (Casuarius bennetti).

Dalam bahasa Inggris, Kasuari Gelambir Tunggal (Casuarius unappendiculatus) disebut (Northern Cassowary), Kasuari Gelambir Ganda (Casuarius casuarius) disebut (Southern Cassowary), dan Kasuari Kerdil (Casuarius bennetti) disebut sebagai (Dwarf Cassowary).

Burung Kasuari merupakan satwa endemik pulau Papua, Indonesia. Kasuari Gelambir Tunggal (Casuarius unappendiculatus) dan Kasuari Kerdil (Casuarius bennetti) hanya hidup di Papua. Sedangkan burung Kasuari Gelambir Ganda (Casuarius casuarius) bisa dijumpai di pulau Seram, Maluku, Indonesia dan bagian timur laut Australia.

Burung Kasuari Gelambir Ganda (Casuarius casuarius) dan Kasuari Gelambir Tunggal (Casuarius unappendiculatus) masuk ke dalam status Vulnerable (Rentan) sejak tahun 1994, IUCN Redlist. Jumlah burung Kasuari tidak diketahui secara pasti namun populasinya terus berkurang dan terancam punah Ancaman kepunahan diakibatkan karena perburuan oleh manusia.

burung kasuari

Ciri-ciri burung Kasuari Gelambir Ganda adalah lehernya berwarna biru dan memiliki dua buah gelambir berwarna merah. Sedangkan curu burung Kasuari Gelambir Tunggal hanya mempunyai satu gelambir pada lehernya.

Habitat burung Kasuari adalah di daerah hutan dataran rendah termasuk daerah rawa-rawa. Kasuari biasa makan buah-buahan yang jatuh dari pohon. Satwa yang dilindungi ini biasa hidup sendiri. Mereka hanya berpasangan saat musim kawin saja. Yang menarik, telurnya dierami oleh burung Kasuari jantan.

Burung Kasuari memiliki bentuk yang unik dan menawan. Di kepalanya memiliki semacam jambul atau tanduk, bagian lehernya berwarna biru dan merah muda, bulu-bulu keras dan kaku berwarna hitam menutupi bagian tubuhnya, ukuran kakinya panjang, besar dan kuat. Kakinya ini menjadi senjata utama saat menyerang korbannya.

Kaki burung Kasuari yang kuat dan besar ini mampu merobohkan musuhnya, bahkan manusia pun bisa roboh hanya dengan sekali tendangan. Mungkin karena alasan inilah The Guinness Book of Records memasukkan burung Kasuari sebagai burung paling berbahaya di dunia.

Di balik keindahannya, burung Kasuari mempunyai sifat agresif dan termasuk binatang galak. Bahkan di kebun binatang pun, burung ini tidak dibiarkan berkeliaran bebas. Sebab dia tidak segan-segan mengejar para pengganggunya. Meskipun belum dapat melakukan verifikasi atas kebenarannya, situs Alamendah.com menyebutkan burung endemik pulau Papua ini masuk The Guinnes Book of Records sebagai burung paling berbahaya di dunia.

Klasifikasi ilmiah burung Kasuari

Kingdom: Animalia

Filum: Chordata

Kelas: Aves

Ordo: Struthioniformes

Famili: Casuariidae

Genus: Casuarius

Spesies: Casuarius casuarius, Casuarius unappendiculatus dan Casuarius bennetti.

Itulah informasi tentang burung Kasuari, satwa endemik pulau Papua yang tekenal galak dan terancam punah akibat ulah manusia. Semoga bermanfaat.

Lihat juga: Burung Cenderawasih, Bird of Paradise dari Tanah Papua