Biaya Solo Traveling ke Garut, Betulkah Mahal?

Solo traveling atau jalan-jalan sendiri ke Garut akan memberi pengalaman baru yang berbeda. Garut dikenal pula dengan nama Kota Intan dan Kota Dodol. Garut memiliki banyak sekali tempat wisata alam, mulai dari pantai, curug hingga pegunungan favorit para pendaki. Selain wisata alamnya yang memanjakan mata, Garut juga menawarkan wisata kuliner dan tempat-tempat rekreasi yang seru untuk dicoba.

Sempat beredar kabar di media sosial, Garut merupakan kota termahal di Indonesia. Benarkah demikian? Entahlah, biar kamu sendiri nanti yang menilai setelah selesai solo traveling ke Garut.

Jembatan Pantai Sayang Heulang
Pantai Sayang Heulang

Biaya solo traveling ke Garut

Solo traveling, solo trip atau solo backpacker, apa pun namanya itu, intinya kamu jalan-jalan sendiri ke Garut. Yuk kita hitung berapa kebutuhan biaya untuk solo traveling ke Garut.

Ongkos ke Terminal Guntur Garut

Ongkos ke Garut bergantung dari mana kamu berangkat dan moda transfortasi apa yang digunakan. Jika menggunakan kereta api, bisa cek langsung tarif kereta api di situs resmi PT. KAI dari stasiun terdekat di kotamu ke stasiun Leles Garut. Dari Leles naik angkot warna hijau muda ke Garut kota, ongkosnya Rp. 5.000 (2017). Namun jika menggunakan bus, ongkos bus dari Jakarta-Garut Rp. 52.000 (2018), turun di terminal Guntur.

Tempat Penginapan di Garut

Kalau tiba di Garut pagi hari atau masih siang, kamu bisa langsung eksplor tempat wisata di Garut. Namun jika tiba di Garut malam, sebaiknya mencari tempat penginapan murah di Garut. Salah satu tempat penginapan murah di Garut yang jaraknya tak jauh dari terminal Guntur (bisa ditempuh dengan berjalan kaki) yaitu Wisma LEC. Lokasi Wisma LEC berada di seberang pintu keluar bus. Jika kebingungan, tanya saja sama awak bus atau pedagang di sekitar terminal Guntur. Tarif Wisma LEC mulai dari 70 (kamar mandi luar) 85 (kamar mandi dalam) 110 dan 150 (kelas VIP).

Jika ingin menginap di hotel Cipanas, kamu tak perlu berhenti di terminal Guntur. Tapi turun di alun-alun Tarogong, lalu naik angkot jurusan Cipanas berwarna cokelat dengan tarif Rp. 5.000. Jika sudah terlanjur turun di terminal bus, jalan kaki sedikit ke terminal elf, terus berjalan ke belakang terminal. Namun kalau sudah malam, angkot sudah jarang beroperasi. Kawasan Cipanas merupakan tempat wisata di Garut, di situ terdapat banyak penginapan dan hotel yang dilengkapi kolam renang air panas. Namun tarifnya tentu lebih mahal dari harga penginapan di wisma.

Tarif makan di Garut

Tarif makan di Garut saya kira cukup standar, yaitu di kisaran Rp. 15.000 – Rp. 20.000 per porsi. Namun bergantung pula pada tempat makannya, kalau di restoran mewah atau makan dengan lauk macem-macem, pasti tarifnya akan lebih mahal.┬áTempat makan malam paling ramai di Garut adalah di Pasar Ceplak, berada di pusat perbelanjaan Pengkolan.

Destinasi

Hari kedua, kamu bisa langsung mengeksplor tempat wisata di Garut. Beberapa pilihan tempat wisata yang jaraknya tak jauh dari pusat kota Garut antara lain Candi Cangkuang dan Kampung Adat Pulo di Leles, Situ Bagendit di Banyuresmi, Karacak Valley di Garut kota, pemandian air panas di Cipanas atau di kawasan wisata Darajat Samarang. Tarif angkot dalam kota mulai Rp. 5.000 – Rp. 10.000, bergantung jarak tempuh.

Alternatif kedua adalah mengunjungi taman wisata alam Papandayan di Cisurupan dengan naik angkot jurusan Cikajang, turun di alun-alun Cisurupan, ongkosnya Rp. 15.000. Dari alun-alun Cisurupan, naik ojek ke Papandayan Rp. 70.000 PP. Namun jika berkunjung ke TWA Papandayan, kamu harus merogoh uang lumayan besar. Selengkapnya silakan baca tiket masuk Papandayan di sini. Setelah dari TWA Papandayan, kamu bisa mampir di kawasan Nangklak untuk menikmati pemandangannya dengan berbagai games dan wahana outbond yang murah meriah. Tiket masuk Nangklak hanya Rp. 10.000 per orang.

Jika masih punya banyak waktu liburan di Garut, lanjutkan ke Pantai Santolo dan Sayang Heulang di Pameungpeuk, tiket masuknya hanya Rp. 5.000. Tempat ini jaraknya cukup jauh dari pusat kota. Moda transfortasi yang tersedia berupa Elf dengan tarif tidak lebih dari Rp. 50.000. Kalau ke sini, sebaiknya kamu menginap dan kembali ke Garut kota besoknya. Tarif penginapan di Pantai Santolo dan Pantai Sayang Heulang mulai dari Rp. 100.000 per malam.

Sebelum pulang ke kotamu, ada baiknya mampir ke alun-alun Tarogong untuk belanja oleh-oleh khas Garut.

Mau keliling Garut, tapi reggak mau ribet naik turun angkot atau elf? Ada solusi buat kamu yang solo travling ke Garut. Sewa motor aja, tapi plus driver. Tarif Rp. 300.000 per 2 hari, udah termasuk bahan bakar, city tour (mengunjungi tempat-tempat wisata dalam kota) dan tour pantai Selatan. Sepintas tampak mahal, tapi kalau dihitung-hitung biaya, efisiensi waktu dan jumlah destinasi yang dikunjungi akan lebih menguntungkan. Berminat? Silakan hubungi nomor yang tertera di laman kontak.

Tentang Penulis: Husni Cahya Gumilar

Gambar Gravatar
CEO ZonaLibur.com. Pria kelahiran Banjarwangi Kabupaten Garut yang hobi jalan-jalan, menulis dan dengerin marawis. Intinya saya bukan selebritis.