Balong Keramat Darmaloka Kuningan, Destinasi Wisata Peninggalan Zaman Walisongo

By Categories : Wisata Alam

Balong Keramat Darmaloka merupakan objek wisata alam yang terletak di desa Darma, kecamatan Darma, kabupaten Kuningan, provinsi Jawa Barat. Di objek wisata ini pengunjung dapat menikmati hijaunya pepohonan tropis nan rindang yang menempati area seluas kurang lebih 3 Ha. Pohon-pohon itu tumbuh di sekeliling Balong Keramat Darmaloka, sehingga membuat lokasi wisata tersebut sejuk. Balong keramat ini terdiri atas beberapa bagian yaitu Balong Ageung, Balong Bangsal, Balong Beunteur, Bale Kambang, dan Sumber Air Cibinuang.

Baca juga: Memanjakan Diri Dengan Terapi Ikan di Balong Keramat Cigugur

Seperti balong keramat lain yang ada di Kuningan, di Balong Keramat Darmaloka juga pengunjung dapat menjumpai Ikan Kancra Bodas atau lebih dikenal sebagai Ikan Dewa. Ikan-ikan tersebut hidup di kolam seluas kurang lebih 700 m². Air balongnya sedikit keruh bila dibandingankan dengan air kolam Cibulan. Suasana di balong ini cukup hening karena lokasinya jauh dari tepi jalan raya.

Selain sebagai wisata alam, Balong Keramat Darmaloka juga merupakan destinasi wisata religi di Kuningan yang sangat berarti bagi masyarakat setempat. Menurut cerita Balong Keramat Darmaloka merupakan bekas peninggalan zaman Walisongo ratusan tahun yang lalu dalam rangka penyebaran agama Islam.

balong kramat darmaloka tempat wisata di kuningan

Balong Kramat Darmaloka via www.kuningankab.go.id

Di dalam objek wisata ini terdapat makam Syekh Rama Haji Irengan, yang konon ditugaskan oleh Walisongo untuk menyebarluaskan agama Islam di daerah Kabupaten Kuningan. Penduduk setempat percaya bahwa Syekh Rama Haji Irengan telah membuat kolam keramat Darmaloka hanya dalam waktu semalam. Peranan Syekh Rama Haji Irengan memang sangat penting dalam penyebaran agama islam, karena waktu itu pada umumnya kerajaan-kerajaan di tanah sunda masih memeluk agama Hindu dan Budha. Sepeninggal Syekh Rama Haji Irengan, Islam berkembang pesat dan banyak berdiri pesantren-pesantren.

Di dalam kompleks Balong Keramat Darmaloka juga terdapat beberapa makam atau petilasan yang dikeramatkan oleh masyarakat setempat selain makam Syekh Rama Haji Irengan. Beberapa makam atau petilasan tersebut lokasinyanya terpisah-pisah. Makam atau petilasan yang ada di Balong Keramat Darmaloka di antaranya makam Aria Salingsingan, mBok Bukit, serta makam penari ronggeng Sari Kuning – Sari Kembang.

Pengunjung yang datang ke objek wisata ini selain untuk menikmati panorama alamnya yang indah, kesejukan udaranya, ikan keramatnya, juga untuk berziarah ke makam atau petilasannya. Pengunjung yang berziarah kebanyakan pada malam jumat kliwon sekitar pukul 00.00 WIB sampai pukul 03.00 WIB. Pengunjung kadang mandi di sebuah sumur yang dikelilingi bebatuan atau di tempat sebelah ujung kiri Balong Keramat Darmaloka yang konon merupakan pemandian para wali.

Lokasi Balong Keramat Darmaloka ini beberapa meter dari tepi jalan Cirebon – Kuningan – Ciamis, masuk melalui sebuah belokan tajam dan jalan menurun yang curam. Jarak dari Waduk Darma ke Balon Keramat Darmaloka sangat dekat, hanya sekitar 1 km. Jadi, bagi pengunjung yang ingin satang ke objek wisata ini tidak perlu susah mencari lokasinya.

Cukup sekian informasi mengenai Balong Keramat Darmaloka, semoga bermanfaat. Selamat berlibur!

Balong Keramat Darmaloka Kuningan, Destinasi Wisata Peninggalan Zaman Walisongo | Elsan Nasrillah | 4.5