Badega Gunung Parang Purwakarta, Rock Climbing Tertinggi Ke-2 di Asia

Badega Gunung Parang adalah objek wisata di Purwakarta yang menawarkan wisata seni budaya dan berbagai aktifitas wisata minat khusus seperti panjant tebing, mendaki gunung dan berkemah. Badega Gunung Parang terletak di Kampung Cihuni, Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru, Kabupten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat.

Gunung Parang disebut-sebut sebagai gunung batu andesit tertinggi di Indonesia dan diklaim sebagai tebing batu andesit tertinggi ke-2 di Asia, bahkan banyak pihak yang menyebutkan Gunung Parang ini masuk dalam urutan 10 besar tebing alam tertinggi di dunia.

badega gunung parang via ferrata
Gunung Parang Rock Climbing Purwakarta via iberita.com

Sejak dibuka dan dipopulerkan sebagai tempat wisata petualangan minat khusus, Gunung Parang terus didatangi oleh pemanjat tebing dari seluruh penjuru Indonesia dan mancanegara seperti Belanda, Amerika dan Jepang.

Kegiatan wisata yang bisa dilakukan antara lain rock climing, mendaki gunung, berkemah, berburu kuliner dan mengenal seni budaya penduduk setempat.

Mendaki Gunung Parang

Mendaki Badega Gunung Parang Purwakarta
Mendaki Badega Gunung Parang Purwakarta via jalanpendaki.com

Tempat wisata alam di Purwakarta ini menawarkan sensasi petualangan yang spektakuler dan memacu adrenalin. Walaupun tidak tinggi, bersiaplah untuk menjajal jalur bebatuan yang ada di punggung gunung.

Jalur pendakian Gunung Parang tidak bisa dianggap sepele, meskipun ketinggiannya di bawah 1.000 mdpl, namun trek vertikal dan berbatu. Di jalur pendakian Gunung Parang Anda tidak akan menemukan savana seperti di gunung Merbabu.

Baca juga: Jalur Pendakian Gunung Merbabu

Tanjakannya lumayan terjal, Anda akan melewati trek berbatu sekitar 1,5 jam. di jalur pendakian tidak ada sumber air atau penjual makanan, jadi Anda harus membawa persediaan air dan camilan yang cukup.

Mendaki Gunung Parang sangat disarankan untuk memakai sepatu treking karena medannya licin dan berbatu.

Sampai di pertigaan sebelum puncak, ambil jalur kiri karena puncaknya ada di sebelah kiri. Setelah melewati pertigaan, jalur menuju puncak semakin esktrim. Pendaki harus ekstra hati-hati karena di sebalah kanan terdapat jurang.

puncak gunung parang purwakarta
Puncak Gunung Parang Purwakarta via badegaparang.blogspot.com

Dari puncak Gunung Parang, para wisatawan dapat menyaksikan indahnya pemandangan pemukiman penduduk, gunung-gunung batu andesit dan landscape Waduk Jatiluhur yang menakjubkan.

Baca juga: Waduk Jatiluhur, Tempat Wisata Favorit di Purwakarta

Tips Mendaki Gunung Parang

Berikut tips-tips yang dapat disiapkan jika ingin mendaki Gunung Parang.

1. Persiapkan fisik ekstra

Persiapkan fisik Anda secara ekstra dengan jogging, menu latihan otot seperti push up, back up, dan sit up.

2. Bawa bekal air minum ekstra

Bawalah bekal air minum ekstra jika mendaki Gunung Parang karena ketika telah memasuki hutan, Anad tidakakan menemukan sumber air.

3. Alat pengaman

Jalur pendakian Gunung Parang tergolong terjal, untuk melewati medan yang terjal dengan aman dan nyaman dibutuhkan alat pengaman seperti tali atau webbing yang berfungsi untuk pegangan ketika naik ataupun turun di jalur pendakian.

4. Gunakan sepatu

Medan pendakian Gunung Parang dipenuhi akar-akar dan batu-batu yang cukup tajam. Gunakanlah sepatu dengan sol cukup keras untuk menghindari terpeleset saat mendaki.

5. Ajak pemandu lokal

Jalur pendakian Gunung Parang melewati punggung gunung yang terjal. Beberapa jalur akan bercabang dan menyesatkan para pendaki. Ada baiknya Anda mengajak pemandu lokal untuk mencegah agar tidak tersesat saat mendaki.

Gunung Parang Rock Climbing

panjat tebing gunung parang purwakarta
Fun Climbing Gunung Parang via jalanpendaki.com

Gunung Parang memiliki ketinggian 983 mdpl. Gunung ini memiliki tiga jalur panjat, yaitu tower I tinggi jalur panjat sekitar 700 meter, tower II memiliki ketinggian jalur panjat hampir sama dengan tower I dengan bentuk meruncing di bagian atas mirip senjata parang dan tower III terlihat lebih tumpul dan landai.

Tebing alam Gunung Parang mulai diperkenalkan sebagai tempat wisata minat khusus, seperti rock climbing, hiking dan camping pada tahun 1980 oleh tim panjat tebing dari ITB dan Skygers (sekolah panjat tebing pertama di Indonesia). Sebelum digunakan sebagai arena rock climbing oleh pemanjat Indonesia dan mancanegara, tebing alam Gunung Parang dijadikan tempat latihan perang oleh TNI.

Badega Via Ferrata (Taraje Beusi)

taraje beusi badega gunung parang
Gunung Parang Via Ferrata by badegaparang.blogspot.com

Kini Anda bisa memanjat Gunung Parang melewati tangga besi yang dinamakan Badega Taraje Beusi. Ide pembuatan taraje beusi ini berasal dari jalur-jalur pendakian di dinding gunung yang ada di Italy, yang dikenal dengan istilah “Via Ferrata”. Wisata Via Ferrata ini mulai dioperasikan akhir tahun 2015 dan merupakan wisata yang pertama di Indonesia.

Tertarik ingin mencoba Badega Via Ferrata? Anda bisa memanjat tebing Gunung Parang di Tower 3 setinggi 300 dengan membayar Rp.150,000 / orang termasuk Alat dan Guide.

Cara manjatnya sederhana, Anda tinggal naik anak tangga besi menggunakan harness yang sudah disediakan dengan mengaitkan carabinner pada lintasan kawat baja sebagai pengamannya.

Walaupun perlengkapan sudah safety dan didampingi guide profesional, Anda harus tetap hati-hati karena aktifitas luar ruang tidak luput dari resiko bahaya.

Waktu Terbaik Mendaki Gunung Parang

Waktu yang tepat untuk mengunjungi objek wisata Gunung Parang adalah pada musim kemarau, yaitu pada bulan Maret sampai Oktober. Pada musim kemarau, pendaki dan pemanjat tidak perlu khawatir dengan hujan sehingga dapat menikmati berbagai aktifitas wisata dan keindahan Gunung Parang dengan nyaman dan tidak terburu-buru.

Objek wisata di Purwakarta ini tidak hanya untuk para petualang, melainkan anak-anak dan orang tua pun bisa mengakses objek wisata Badega Gunung Parang. Wisatawan dapat menikmati pemandangan alam di bawah tebing sangat spektakuler dan tidak mudah ditemukan di obyek wisata daerah lain.

Ada nilai lebih yang akan Anda dapatkan saat mendaki Gunung Parang Purwakarta, yaitu dapat bergaul dan mengenal budaya penduduk lokal yang masih menjaga adat istiadat Sunda.

Fasilitas

bale semah badega gunung parang
Bale Semah via badegaparang.blogspot.com

Di sini wisatawan tidak akan menemukan fasilitas mewah, melainkan fasilitas seadanya yang dibangun dan dikelola oleh penduduk setempat. Seperti bale semah yaitu tempat berteduh untuk para pemanjat, dibangun secara goyong royong dan swadaya masyarakat. Mereka menyiapkan fasilitas tersebut untuk kenyamanan pengunjung.

Peta Badega Gunung Parang

peta badega gunung parang

Info lebih lanjut silakan Hubungi hotline Badega Gunung Parang +62 87874708230.

Itulah obyek wisata Badega Gunung Parang Purwakarta, semoga bermanfaat dan menambah referensi tempat liburan Anda. Selamat berpetualang!

Tentang Penulis: Husni Cahya Gumilar

Gambar Gravatar
CEO ZonaLibur.com. Pria kelahiran Banjarwangi Kabupaten Garut yang hobi jalan-jalan, menulis dan dengerin marawis. Intinya saya bukan selebritis.