VPS Murah
Klik di sini!Info River Boarding dan Water Tubing Banjarwangi

Arung Jeram Padegolan, Cara Lain Menikmati Keindahan Kebumen

Arung Jeram Padegolan – Kebanyakan pengunjung yang datang ke Kebumen hanya sekadar menikmati keindahannya dengan datang ke pantai atau menyusuri hutan untuk bertemu dengan air terjun yang keren. Tapi, jika Anda mau menikmati Kabupaten Kebumen ini dengan cara yang berbeda, maka lakukan rafting saja. Kegiatan yang memacu adrenalin ini bisa dilakukan di kawasan Waduk Wadas Lintang.

Mungkin ada beberapa pengunjung yang belum tahu jika Kabupaten Kebumen punya spot arung jeram, namanya Arung Jeram Padegolan. Bagi Anda yang ingin memacu adrenalin di daerah Kebumen, tidak ada salahnya untuk mencoba wisata ini. Arung Jeram Padegolan ini terletak di kawasan Waduk Wadas Lintang, Kecamatan Prembun, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Starting point di Desa Sendang Dalem dan finish di Bendungan Pejengkolan.

Arung Jeram Padegolan Kebumen
Arung Jeram Padegolan Kebumen via www.lihat.co.id

Start point Sungai Padegolan yang terletak di Desa Sendang Dalem ini memasuki area kompleks Gedung Sentral PLTA Wadas Lintang. Sungai Padegolan memiliki  sekitar 7 km dengan rincian 5 km yang berjeram dan 2 km tanpa ujung flat water (arus sungai yang tenang atau tidak terdapat jeram). Meski jalurnya pendek, tetapi sungai ini sangatlah menarik dengan hiasan air jernih bak kolam renang yang kebiru-biruan.

Baca juga: Pantai Bocor Kebumen, Harga Murah dengan Suasana Meriah

Layaknya mengarungi sungai di luar negeri, selain airnya yang jernih dan mempunyai jeram-jeram yang sangat menarik, pemandangan disekitar sungai juga menyajikan suasana yang berbeda dan khas. Karakteristik pingiran sungai yang dihiasi dengan rangkaian batuan besar, penyempitan, rumput-rumput Kalanjana yang tajam membuat scouting menjadi hal yang perlu digaris bawahi. Jernihnya air sungai bak air mineral yang mengalir membuat dasar sungai kelihatan dengan detailnya.

Dan salah satu maskot sungai ini selain Jeram L dan Jeram Panjang adalah Jeram Putih (terbesar di Sungai Padegolan). Jeram tersebut dihiasi begitu banyak stopper yang merupakan bentukan yang menghalangi laju arus air, biasanya adalah batu. Jeram yang banyak dihiasi drop kecil menciptakan terbentuknya riversal atau arus balik. Warnanya yang putih sebagai akibat buih yang dihasilkan oleh riversal tersebut, kadang menjadi penipu ulung bagi yang lengah.

Sebelum menikmati Arung Jeram Padegolan, perizinan ke pihak PLTA dan keamanan Waduk Wadas Lintang juga ke pihak polisi setempat adalah sesuatu yang sangat penting. Hal tersebut merupakan SOP (Standart Operational Procedure) yang harus diterapkan oleh para pengunjung untuk dapat menikmati alam dengan bijaksana.Tidak usah khawatir, karena saat Anda meinta izin yang akan Anda dapatkan adalah pelayanan yang ramah, ceramah sehat, singkong rebus, teh panas, dan bahkan bisa bermain pingpong bersama satpam PLTA. Anda juga bisa meminta izin untuk kemping di pinggir jalan.

Anda tertarik? Ayo, buruan ajak teman-temanmu untuk menikmati Arung Jeram Padegolan di Kebumen ini. Menemukan lokasinya pun tidak sulit. Anda hanya perlu menemukan kompleks gedung sentral PLTA Wadas Lintang dengan perjalanan sekitar 2 jam dari Wonosobo maupun Magelang dan 1,5 jam jika datang dari Purworejo atau Kutoarjo.

Baca juga: Cikaengan, Spot Baru River Boarding di Garut

Selamat berlibur!