Air Terjun Ternadi, Objek Wisata Tersembunyi di Kudus

By Categories : Wisata Alam

Air Terjun Ternadi merupakan salah satu air terjun di Kudus.  Air terjun ini merupakan air terjun yang  tidak kalah menarik dengan air terjun lainnya, karena curah airnya sangat deras dan besar.  Hanya belum diketahui secara luas oleh para petualang  dan belum banyak yang berkunjung. Tetapi keindahan dan kesegarannya tidak diragukan lagi, dapat memikat hati para wisatawan untuk datang mengunjungi tempat ini.

Obek wisata yang tersembunyi ini memiliki keindahan dan kesegaran udara alam yang sangat alami karena belum terjamah oleh pengelola dan belum banyak orang yang datang ke tempat ini.

Di sini Anda bisa selpi sepuasnya karena pemandangannya yang indah akan membuat Anda betah berlama-lama,  Anda juga  bisa menikmati suasana hutan yang sejuk dan dapat menghilangkan penat dari suasana perkotaan dan pekerjaan.

Air Terjun Ternadi Kudus

Air Terjun Ternadi Kudus via mlakumlaku99.blogspot.com

Lokasi Air Terjun Ternadi terletak di Desa Ternadi, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Provinsi Jawa Tengah. Tepatnya berada di atas makam Kaliyetno, jika berjalan kearah Watu Payung kurang lebih 10-15 menit kanan jalur trek arah Watu Payung Ternadi Kudus.

Akses jalan menuju curug ini masih sulit karena posisinya yang berada di tengah hutan dan perkebunan kopi serta belum ada petunjuk jalan untuk menjangkau Air Terjun Ternadi, sehingga banyak wisatawan yang kebingungan saat berkunjung kesana.

Bagi Anda yang berminat mampir ke tempat wisata yang indah ini, nah, rute yang bisa ditempuh untuk sampai di sini kalau berangkat dari pasar Piji Dawe, Anda bisa lurus saja ambil arah Colo atau ke utara.

Setelah itu ada pertigaan yang ada konter hp lalu belok kiri dan ikuti jalan tersebut sampai di sebuah masjid dan makam Sunan Kaliyetno. Setelah sampai di sini Anda bisa memarkirkan kendaraan di area masjid dan perjalanan bisa dilanjutkan dengan berjalan kaki.

Setelah menemukan sungai, itu tandanya Anda sudah sampai di lokasi Air Terjun Ternadi.  Anda bisa mendekat ke air terjun dengan berjalan di daerah pinggir sungai.

Ketika Anda masih bingung dengan petunjuk rute, Anda harus ke arah mana, coba  bertanaya kepada penduduk sekitar agar tidak tersesat di jalan. Perjalanan yang menguras tenaga itu, akan terbayar dengan pemandangan perkebunan kopi yang sejuk serta suara-suara hewan pegunungan yang menemani perjalanan Anda.

Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke sana jangan khawatir dengan biaya tiket masuk. Untuk masuk ke tempat wisata ini geratis alias tidak ada punguntan biaya sedikitpun karena belum dikelola oleh pemerintah setempat. Anda hanya akan mengeluarkan biaya parkir sebesar Rp. 2.000 yang berlokasi di dekat makam sunan Kaliyetno.

Semoga objek wisata ini dapat segera dikelola dan dibuatkan rute untuk memberikan kenyamanan kepada para pengunjung.

Baca juga: Objek wisata Air Montel Kudus

Itulah info mengenai surga tersembunyi Air Terjun Ternadi di Kudus, semoga bermanfaat, terimakasih. Selamat berlibur!

Air Terjun Ternadi, Objek Wisata Tersembunyi di Kudus | Sa'adah Ze | 4.5