Air Terjun Sawangan, Curug Tertinggi di Kebumen

By Categories : Wisata Alam

Salah satu lokasi di Kabupaten Kebumen yang menyimpan panorama alam yang indah adalah di kawasan Resor Pamangkuan Hutan (RPH) Tebo, BKPH Gombong Selatan. Di wilayah Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah itu terdapat sejumlah keajaiban alam. Salah satunya adalah air terjun atau Curug Sawangan. Air terjun yang konon tertinggi di Kebumen itu juga berada dekat dengan pantai selatan.

Air Terjun Sawangan memiliki ketinggian lebih dari 50 meter dan berjarak kurang lebih 150 meter dari pantai selatan yang merupakan sebuah teluk. Air Terjun Sawangan terbentuk dari melimpahnya air yang berasal dari sungai bawah tanah Goa Surupan atau Sawangan. Air Terjun Sawangan memang berasal dari dalam Goa. Air Terjun ini masih sangat alami dan tersembunyi. Sehingga tempat ini sangat cocok dikunjungi bagi pengunjung yang suka dengan tantangan dan keelokan alam.

Jika dilihat bagian atas, Air Terjun Sawangan ini adalah mulut luar sebuah goa. Air terjun ini memiliki debit air yang stabil, sedangkan di musim kemarau debit airnya akan mengecil namun tak akan kering. Di bawahnya terdapat kolam dengan ukuran tidak terlalu lebar dan lebih didominasi oleh bongkahan batu kapur dan pecahan dari gamping.

air-terjun-sawangan-kebumen

Air Terjun Sawangan Kebumen via satriabanyumasan.blogspot.com

Air Terjun Sawangan ini juga sering disebut dengan nama Air Terjun Pelangi. Hal tersebut karena kerap memunculkan pelangi di bawah air terjun jika matahari menyinarinya. Air terjun ini berada di aliran Sungai Jemenar yang berhulu di Bukit Gadung dan melintasi beberapa dusun hingga akhirnya masuk melalui ponor dan menjadi sungai bawah tanah Goa Surupan atau Sawangan.

Pengunjung bisa menikmati panorama alam dari Air Terjun Sawangan ini. Selain itu pengunjung juga bisa bermain air di bawah kucuran airnya yang deras dan segar. Bosan bermain air di bawah kucuran air terjun ini, pengunjung juga bisa langsung bermain air di Pantai Nogosari.

Saat ini, Air Terjun Sawangan sudah dikelola oleh Pemerintah Desa Karangduwur. Hal tersebut berdampak pada jalan setapak dan anak tangga untuk menuruni tebing, kini sudah nyaman dan baik. Pengelola menyatu paketkan Air Terjun Sawangan dengan Goa Siwowo, Goa Karangduwur atau Goa Sarang Burung, Pantai Nogosari dan Bukit Nogosari dalam paket “Sawangan Adventure”. Belum ada penginapan di wilayah ini. Penginapan berupa Hotel terdekat berada di Kota Gombong. Sementara itu, penginapan berupa Villa berada di Pantai Menganti.

Air Terjun Sawangan bisa dijangkau dari Desa Karangduwur maupun Desa Argopeni. Dari pertigaan loket Pantai Menganti, pengunjung bisa mengambil arah ke Goa Karangduwur atau belok ke kanan sejauh 1,9 km berkendara hingga Tanjung Noagasari. Perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menelusuri perbukitan sejauh kurang dari 1 km. Sementara itu, dari Jalan raya Ayah – Karangbolong di Desa Argopeni, Air Terjun Sawangan berjarak kurang dari 1 Km dengan berjalan kaki. Dari Desa Argopeni perjalanan yang ditempuh lebih mudah dan mengasyikan.

Perjalanan yang sulit menuju Air Terjun Sawangan dipastikan tak akan membosakan. Pemandangan alam sepanjang perjalanan dijamin bisa membuat mata senantiasa ingin terus memandangnya. Luasnya Samudera Hindia bisa dilihat dan berpadu dengan tanjung serta tebing karang. Begitu juga puncak puncak karst yang menghijau. Juga pemandangan persawahan yang berada di antara bukit karst yang unik.

Sekian ulasan mengenai Air Terjun Sawangan yang berada di Kebumen. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur!

Air Terjun Sawangan, Curug Tertinggi di Kebumen | Elsan Nasrillah | 4.5