Keindahan Air Terjun Lider, Wisata Curug Tertinggi di Banyuwangi

By Categories : Wisata Alam

Air Terjun Lider berlokasi di Banyuwangi, tepatnya di Dusun Sragi, Desa Sumber Arum, Kecamatan Songgong, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Air terjun ini termasuk air terjun tertinggi di Banyuwangi. Letaknya jauh di dalam hutan lindung di kawasan Resort Pemangkuan hutan Jambewangi, Banyuwangi sehingga udara di tempat wisata ini sejuk dan menyegarkan. Tentu sangat menarik bagi Anda yang suka dengan wisata petualangan.

Air terjun dengan ketinggian 60 meter ini memiliki ciri khas berupa juntaian akar yang berada di sekeliling air terjun. Sementara di kanan kiri terdapat tebing yang mengapit wisata Air Terjun Lider. Dan di sisi lainnya terdapat 4 air terjun kecil yang masih bagian dari dari destinasi utama. Jika Anda beruntung di pagi hari kita bisa melihat biasan pelangi, dimana fenomena tersebut terbentuk oleh butiran-butiran air yang memercik dari air terjun. Pesona air terjun dan kealamian hutan akan membuat Anda betah.

Baca juga: Air Terjun Kalibendo, Keasrian Objek Wisata di Banyuwangi

Dari segi penamaan, curug ini dinamakan Air Terjun Lider karena terletak di kawasan hutan lindung petak 74, Blok Lider, Gunung Raung, Banyuwangi. Daerah ini masuk dalam pengawasan RPH Jambewangi bagian pemangkuan kesatuan hutan kali setail Banyuwangi bagian Barat.

Di sini juga masih terdapat beberapa hewan hutan yang sudah jarang ditemui di perkotaan, seperti kera, kupu-kupu, capung, jenis serangga dan hewan lainnya yang bisa Anda temukan saat berkunjung ke wisata Air Terjun Lider.

air-terjun-lider-banyuwangi

Air Terjun Lider Banyuwangi via Banyuwangibagus.com

Nah untuk mencapai lokasi wisata Air Terjun Lider yang indah ini, memang membutuhkan sebuah perjuangan. Namun pemandangan yang ada di kanan dan kiri selama perjalanan akan membuat rasa capek kita menjadi hilang, karena sarat akan keindahan alam yang menawan.

Bagi Anda yang berminat untuk berkunjung ke Air Terjun Lider , terdapat 2 alternatif  rute menuju wisata Lider. Yang pertama Anda  bisa melewati Desa Jambewangi dengan jarak tempuh sepanjang 15 km. Sedangkan untuk jalur kedua Anda bisa melewati desa Sragi, Kecamatan Songgon dengan jarak tempuh kurang lebih 8 km dari perkampungan warga.

Anda harus hati-hati, karena kedua jalur tersebut sama-sama kurang mendukung. Karena selain belum beraspal, jalannya juga rusak parah. Apalagi saat musim hujan tentu jalan akan licin dan becek. Anda disarankan agar mengecek kendaraan terlebih dahulu sebelum berangkat ke lokasi Air Terjun Lider, pastikan kendaraan yang akan dipakai dalam kondisi baik.

Jika Anda mengunakan jalur pertama, dari Kota Banyuwangi kita menuju ke Kecamatan Genteng terlebih dahulu. Kemudian perjalanan  diteruskan ke arah utara yaitu Kecamatan Sempu.  Untuk menempuh rute ini, jarak yang dilalui sejauh 7 km. Lalu dilanjutkan menuju desa Sumberwangi, Kecamatan Songgon melewati Desa Jambawengi dengan jarak sejauh 7 km sampai pada pos 1 kawasan perkebunan di Dukuh Lider.

Kita juga bisa menggunakan kendaraan umum dari kota Banyuwangi dengan menaiki bus jurusan Jember, kemudian turun di terminal lama Genteng. Lalu menggunakan kendaraan desa menuju Kecamatan Sempu. Dari tempat ini naik ojek atau jalan kaki ke arah Desa Sumberwangi.

Pada saat di pos satu, kendaraan dapat diparkir dan dititipkan pada petugas jaga perkebunan. Di sana juga diwajibkan untuk mengisi daftar kunjungan lengkap dengan keperluan berkunjung.

Sedangkan untuk jalur kedua, dari terminal bus genteng, kita menggunakan angkutan pedesaan menuju kecamatan sempu dengan jarak 15 km. Dilanjutkan ke arah Desa Songgon sejauh 10 km, bisa menggunakan ojek dan bisa juga berjalan kaki. Pemandangan di sini sangat indah, kita bisa sambil menikmati panorama alam perkebunan cengkeh yang terhampar di sekitarnya. Sesampai di Dukuh Lider, Anda masih harus melanjutkan perjalanan sejauh 3 km menuju ke batas akhir perkebunan cengkeh, dimana terdapat jalan masuk ke air terjun.

Tentunya ketika di perjalanan Anda harus berkati-hati dan diusahakan memakai sepatu pada saat mengunjungi kawsan air terjun terindah dan terbaik di Banyuwangi ini, agar Anda merasa nyaman saat berkunjung. Anda juga disarankan untuk membawa perbekalan secukupnya karena di wisata Air Terjun Lider tidak ada warung.

Demikin info Air Terjun Lider Banyuwangi, semoga bermanfaat. Selamat berlibur!

Keindahan Air Terjun Lider, Wisata Curug Tertinggi di Banyuwangi | Sa'adah Ze | 4.5