Air Terjun Kalibendo, Keasrian Objek Wisata di Banyuwangi

By Categories : Wisata Alam

Air Terjun Kalibendo terletak di Desa Kampung Anyar, Kecamatan Glagah,  Kabupaten Banyuwangi, Propinsi Jawa Timur. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 10 meter dan berada di dalam kawasan Kalibendo, di kaki Gunung Ijen.

Dalam perjalanan menuju Kalibendo, Anda akan tercengang melihat pemandangan sekitar. Dalam perjalanan Anda akan disuguhi bermacam pemandangan yang masih asri dan alami seperti kebun karet, kebun kopi, kebun cengkeh, pedesaan yang masih alami. Jalan berliku dan naik turun walaupun tak begitu curam memberi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang berjiwa bertualang.

air-terjun-kalibendo-banyuwangi

Air Terjun Kalibendo Banyuwangi via iyonbrengos.blogspot.com

Bagi para wisatawan, pencinta alam dan fotografer, Air Terjun Kalibendo ini sangat tepat untuk Anda kunjungi. Tak diragukan lagi keindahan panoramanya yang sangat indah dan asri membuat mata terpesona melihatnya, dan suasana yang sejuk pun akan membuat Anda merasakan kedamaian jika berkunjung ke tempai ini.

Bagi Anda yang berminat liburan ke Air Terjun Kalibendo harus menempuh perjalanan kira-kira 15 km dari pusat Banyuwangi ke arah barat daya. Ada beberapa jalur alternatif yang bisa dilalui menuju ke sana baik menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Dari pusat kota Banyuwangi perjalanan diarahkan ke terminal Sasak Perot di Desa Bakung, Kecamatan Gelagah.

Selanjutnya perjalanan tetap lurus ke arah barat hingga tiba di pertigaan Patung Barong di Desa Banjar Sari. Dari pertigaan ini mengambil arah lurus melintasi Desa Kemiren hingga Desa Tamansuruh selanjutnya perjalanan diteruskan beberapa menit hingga masuk ke Desa Kampung Anyar.

Setelah masuk gerbang PT. Perkebunan Kalibendo, kendaraan dapat diparkir di tempat yang disediakan di depan gedung pertemuan. Dari sini perjalanan berganti dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak melewati kawasan  perkebunan cengkeh dan pohon bendo. Kondisi jalan setapak ini masih berupa tanah dengan kontur menurun dan berliku.

Selanjutnya Anda akan tiba di sungai dengan jembatan di atasnya . Nah setelah menyebrangi jembatan kayu selembar 1 meter di atas sungai tersebut tampak menghampar perbukitan dan tanaman heterogen.

Selanjutnya perjalanan diteruskan dari sungai dan masih melewati jalan setapak, di sepanjang tebing disisi atas sungai. Sejauh kurang lebih 300 meter ke arah barat hingga tiba di sungai lagi. Dan akhirnya ikuti aliran sungai tersebut dengan menyusurinya hingga tiba di lokasi air terjun beberapa ratus meter lagi.

Di area wisata Air Terjun Kalibendo terdapat area parkir yang telah disediakan pengelola setempat. Dan di pinggir sungai ini banyak ditemui beberapa warung yang menyediakan makanan dan minuman untuk mengisi perut Anda. Jadi tidak perlu takut kelaparan saat berwisata ke tempat yang satu ini.

Itulah ulasan objek wisata Air Terjun Kalibendo, semoga bermanfaat dan selamat berlibur!

Air Terjun Kalibendo, Keasrian Objek Wisata di Banyuwangi | Sa'adah Ze | 4.5
Leave a Reply