VPS Murah
Klik di sini!Info River Boarding dan Water Tubing Banjarwangi

Agro Wisata Kaliklatak Banyuwangi, Perkebunan Tempat Rekreasi Keluarga

Bagi Anda yang suka dengan suasana perkebunan, Anda bisa mengunjungi salah satu agro wisata di Banyuwangi. Anda bisa berkunjung ke tempat yang satu ini, Agro Wisata Kaliklatak namanya, unik kan?

Nah bila mendengar namanya saja sudah sangat unik, apalagi tempatnya. Maka dari itu silahkan kunjungi Agro Wisata Kaliklatak. Kaliklatak merupakan perintis wisata agro di Banyuwangi dan bahkan di Indonesia. Dan perkebunan ini sudah berdiri sejak lama.

Pada awalnya, perkebunan ini dimiliki oleh perusahaan Belanda di bawah Mij Moorman dan Co, tapi setelah tahun 1957 kebun ini berpindah tangan sampai akhirnya diteruskan ke pengusaha pribumi, R. Soehoed Prawiroatmodjo, seorang pengusaha pribumi yang berbakat.

Pengusaha pribumi ini khusus bergerak di bidang tanaman kopi, karet dan kakao. Setelah itu, Kaliklatak berkembang di bidang tanaman lada, cengkeh, pala, vanili, kayu manis, keninger, kayu putih, kelapa dan buah-buahan seperti pisang, jeruk, kelengkeng dan berbagai rempah-rempah.

agro-wisata-kaliklatak-banyuwangi
Agro Wisata Kaliklatak Banyuwangi via otongmajimbe.blogspot.com

Agro Wisata Kaliklatak terletak di lereng Gunung Merapi atau berjarak sekitar 15 kilo meter sebelah barat kota Banyuwangi. Agro Wisata ini memiliki luas sekitar 1.013 ha dan terletak di ketinggian 450 mdpl sehingga tanah di sini subur dan juga cocok untuk pertanian apapun, ekowisata juga berkembang dengan baik.

Salah satu daya tarik Agro Wisata Kalikkatak adalah adanya peragaan pengolahan kopi mulai dari penanaman, pemeliharaan, pemetikan biji kopi dan pengolahan menjadi kopi siap konsumsi. Begitu pula dengan tanam karet mulai dari pengambilan getah karet sampai dengan pemrosesan menjadi bahan dasar pembuatan produk karet lainnya.

Semua proses itu bisa diamati oleh pengunjung, jadi selain menikmati kesejukan alamnya pengunjung juga bisa mendpatakan ilmu dan pengalaman menarik. Ada satu kebiasaan yang menarik di sini, yaitu suka diadakannya ritual bumi sedekah yang biasanya dijadwalkan setiap tanggal 17 April.

Untuk fasilitas penunjang tersedia perumahan untuk karyawan, taman kanak-kanak, sekolah, gedung kesenian dan olah raga, tempat ibadah terdiri dari Mesjid dan Greja juga ada pasar. Gedung olah raga dan kesenian di sini dimanfaatkan untuk latihan menari, karawitan, senam dan olah raga untuk menjaga kesehatan dan kebugaran fisik serta pemantapan budi pekerti.

Agrowisata ini dikelola oleh perusahaan swasta. Komoditas utama dari kawasan Kaliklatak antara lain berupa kopi, coklat, karet, cengkeh dan rempah-rempah. Di bagian kawasan tertinggi yaitu Hargosonyo, pengunjung bisa memanjakan mata dengan menikmati lanscape kota Banyuwangi, selat Bali, Semenanjung Blambangan dan pulau Bali yang sangat indah.

Itulah info Agro Wisata Kalikkatak Banyuwangi, semoga dapat menambah referensi liburan Anda. Selamat berlibur!