VPS Murah
Klik di sini!Info River Boarding dan Water Tubing Banjarwangi

Adventure Outbond di Jemur Adventure Park Kebumen

Jemur Adventure Park atau yang lebih dikenal dengan nama JAP Kebumen merupakan wahana wisata yang berada di Desa Jemur, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Wahana wisata alam ini menggunakan konsep adventure outbond.

Destinasi wisata alami ini didirikan melalui PNPM Perkotaan yang dibiayai Program Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas (PLPBK) yang memang sejak awal bertujuan untuk mengembangkan potensi wilayah desa. Di tahun 2016 ini Jemur Adventure Park sudah dikelola oleh Desa Jemur dan masuk dalam kategori BUMDes atau Badan Usaha Milik Desa.

Jemur Adventure Park Kebumen
Jemur Adventure Park Kebumen via Kebumenkab.go.id

Adapun fasilitas yang disediakan di Jemur Adventure Park adalah great wall climbing, sliding rope, pelana crossing, traverse net, elwys walk, rail ways, dan flying fox. Wahana untuk kategori dewasa dan anak-anak sudah terpisah, disesuaikan dengan usia dan tingkat kesulitan. Satu paket bertarif Rp. 15.000 meliputi mountain climbing with repling, single rope bridge, pelana crossing, spider, elwys walk, rail ways, dan flying fox pendek. Jika ingin melanjutkan tantangan flying fox panjang biaya bertambah Rp. 15.000 lagi.

Selain itu terdapat kolam renang anak yang masih dalam proses pembangunan. Fasilitas lain yang tersedia adalah toilet umum, sejumlah gazebo, kantin-kantin kecil, dan pengunjung bisa melintasi jalan setapak yang dibuat untuk melihat sekitar hutan. Namun ketika berjalan melihat-lihat hutan diharapkan berombongan, jangan hanya berdua karena di sana masih banyak monyet-monyet liar berkeliaran, kadang mereka turun mungkin karena diatas tidak ada makanan.

Untuk mencapai tempat wisata ini sebenarnya sangat mudah karena letaknya yang sangat strategis dan masih terbilang dekat sekali dengan pusat kota kebumen. Jika Anda tahu MAN 1 Kebumen atau SMK 1 Kebumen maka secara mudah akan menemukan lokasi Jemur Adventure Park ini. Nah untuk lengkapnya berikut sedikit gambaran bagaimana cara masuk ke lokasi ini.

Via Mertokondo

Jika Anda datang dari barat dan melewati jembatan Tembana maka Anda bisa pilih jalur Mertakanda, silakan kalau sudah sampai perempatan Mertakanda (lampu merah) belok kiri , ikuti jalan aspal sampai pertigaan besar kemudian belok kanan (jalan ini akan menanjak). Di sini Anda akan melewati perumahan Prajamukti, lanjut terus ke timur sampai perempatan yang ada Balai Desa Gemeksekti ( timurnya ada MAN 1 Kebumen ). Dari sana silakan belok kiri dan ikuti saja jalanya sampai Balai Desa Jemur, lalu naik maka Anda akan sampai ke lokasi Jemur Adventure Park.

Via Jalan Sarbini

Kalau melewati jalan ini silakan belok ke kanan(jalan Wilis), ikuti saja jalan itu sampai ketemu Balai Desa gemeksekti (perempatan). Kemudian lurus terus sampai ke lokasi.

Via SMK N 1 Kebumen

Kalau menggunakan jalur ini Anda bisa belok dari perempatan Stadion melewati jalan Cincin kota atau bisa juga masuk lewat jalan Cemara. kalau sudah sampai Balai Desa Karangsari silakan Anda ke utara, ikuti jalannya sampai ketemu pertigaan lalu belok kiri, sekitar 200 meter ada pertigaan lagi langsung belok kiri lagi. Dan ikuti saja sampai ke Balai Desa Jemur, lalu belok kanan dan sampai ke lokasi.

Baca juga: Curug Silancur Kebumen, Pesona Indah di Dalam Jurang

Demikian informasi mengenai objek wisata Jemur Adventure Park. Selamat berlibur!