Ada Apa Saja di Leuwi Tonjong Cihurip?

Objek wisata Leuwi Tonjong Kecamatan Cihurip semakin populer setelah menjadi lokasi shuting Si Bolang Trans7. Menurut penuturan Pak Juhadin, Leuwi Tonjong telah dibuka kurang lebih 2 tahun dan sejak dibuka tidak pernah sepi pengunjung.

Kalau melihat foto-foto Leuwi Tonjong di Google Image, tampak sangat indah dan menarik. Daya tarik objek wisata di Garut Selatan ini adalah dua buah batu besar menjulang tinggi membentuk tebing yang mengapit leuwi (semacam muara sungai) di kiri dan kanan. Saking tingginya, di dalam foto, tebing batu ini tidak kelihatan sampai ke atas. Hanya kelihatan sepotong saja.

Setelah dibuktikan langsung ke lokasi, ternyata benar Leuwi Tonjong Cihurip menyuguhkan view yang indah, bahkan lebih indah dari foto-foto yang ada di Google Image. Batu-batu tempel di kiri kanan leuwi terlihat sangat indah, air sungainya jernih berwarna hijau gelap.

Ada apa saja di Leuwi Tonjong Cihurip
Dok. ZonaLibur.com (Husni Cahya Gumilar)

Selain menyuguhkan pemandangan alam yang eksotis, Leuwi Tonjong juga menyediakan beberapa fasilitas penunjang wisata. Di sini ada rakit dengan tarif hanya Rp. 5.000 per orang (dewasa) dan Rp. 2.500 untuk anak-anak. Fasilitas lainnya ada mushola bambu, wc darurat, 2 buah gazebo, warung yang menjual aneka minuman dan makanan ringan, kelapa muda, nasi liwet dan bakar ayam kampung.

Aktifitas wisata yang bisa dilakukan di Leuwi Tonjong di antaranya berburu foto, berenang, naik rakit, hammocking dan camping. Jika kamu ingin camping di sini, kamu harus membayar biaya camp sebesar harga tiket masuk.

Baca juga: Harga Tiket Masuk Leuwi Tonjong Cihurip

Lokasi Leuwi Tonjong berada di dataran rendah, sehingga dari lokasi parkir dan loket masuk kamu harus berjalan kaki sekitar 15 menit melewati jalan setapak menyusuri kebun warga yang rindang dengan pohon bambu, aren dan aneka pepohonan lainnya (mirip hutan). Saat berkunjung ke sini pada 16 Juni 2018, saya melihat masih ada monyet-monyet bergelantungan di pepohonan samping jalan setapak yang saya lewati.

Objek wisata Leuwi Tonjong linkungan alam di sekitarnya masih alami, udaranya pun sejuk. Cukup baik untuk refreshing dan berpetualang. Selamat berlibur!

Tentang Penulis: Husni Cahya Gumilar

Gambar Gravatar
CEO ZonaLibur.com. Pria kelahiran Banjarwangi Kabupaten Garut yang hobi jalan-jalan, menulis dan dengerin marawis. Intinya saya bukan selebritis.