4 Taman Wisata di Kawasan Nangklak Papandayan

Nangklak Papandayan termasuk salah satu objek wisata yang lagi ngehits di Garut. Tempat wisata keluarga ini menyediakan spot foto yang instagramable dan arena bermain yang sedikitnya dapat menguji adrenalin. Kamu harus coba liburan ke Nangklak, tapi sebelum berangkat, ada baiknya kamu simak info lengkap wisata Nangklak Papandayan berikut ini.

Lokasi Nangklak

Secara administratif kawasan Nangklak termasuk ke dalam wilayah Desa Sirnajaya, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut. Lokasinya terletak sekitar 3 km sebelum Taman Wisata Alam Papandayan. Berjarak sekitar 4 km dari alun-alun Cisurupan dengan waktu tempuh kurang lebih 15 menit berkendara. Akses jalan menuju kawasan Nangklak tergolong bagus, bisa dilewati oleh kendaraan roda dua maupun roda empat termasuk bus besar. Jika tak membawa kendaraan, dari alun-alun Cisurupan kamu bisa naik ojek dengan tarif Rp. 25.000 per orang untuk sekali jalan atau Rp. 50.000 PP.

Taman Wisata di Nangklak Papandayan
Miniatur menara Eifel di kawasan wisata Nangklak

4 Taman Wisata dan Fasilitas Bermain di NangklakĀ 

Nangklak merupakan bukit yang disulap menjadi objek wisata dan taman bermain. Di Nangklak sendiri ada empat taman wisata dengan fasilitas dan pengelola yang berbeda. Lokasinya berdekatan, bahkan berdampingan dan berhadapan. Keempat taman wisata tersebut adalah:

1. Nangklak Stay Land

Saat kamu tida di kawasan Nangklak, taman wisata yang akan pertama kali ditemukan adalah Nangklak Stay Land. Nangklak Stay Land menyediakan fasilitas bermain yang sangat menarik seperti kolam renang, menara pandang, spyderweb, panjat papan, panahan dan paintball.

2. Bukit Nangklak

Bukit Nangklak berada di sebelah kiri setelah Nangklak Stay Land atau berhadapan dengan Papandayan Leisure Park. Di Bukit Nangklak tersedia camping ground dengan tarif Rp. 20.000 per orang per malam (tenda bawa sendiri), tersedia juga sewaan tenda dengan tarif Rp. 250.000 plus perlengkapan tidur dan alat masak. Aktifitas yang bisa dilakukan di Bukit Nangklak adalah berburu foto di saung-saung bambu yang unik, melihat area nangklak dari menara pandang dan mencoba keseruan flying fox. Tiket masuk Bukit Nangklak Rp. 10.000 per orang, tarif parkir Rp. 3.000 per motor dan Rp. 5.000 untuk parkir mobil.

3. Papandayan Leisure Park

Lokasi Papandayan Leisure Park berada di sebelah kanan jalan, tepat sebelum Papandayan Camping Ground atau di depan Bukit Nangklak. Di Papandayan Leisure Park terdapat menara pandang, wahana outbond, hammock area, camping area, family area dan selfi area. Tiket masuk Papandayan Leisure Park Rp. 10.000 per orang, tarif parkir Rp. 3.000 per motor dan Rp. 5.000 untuk mobil.

4. Papandayan Camping Ground

Lokasi Papandayan Camping Ground (PCG) berada di paling ujung sebelah kanan kawasan wisata Nangklak. Di PCG terdapat camping ground, rumah pohon tempat menginap dengan tarif Rp. 200.000, spot-spot foto, game dan wahana outbond. Tiket masuk Papandayan Camping Ground Rp. 10.000 per orang ditambah tiket parkir Rp. 5.000.

Mana taman wisata pilihan kamu?

Pengunjung kawasan wisata Nangklak didominasi oleh muda-mudi. Jika liburan ke sini membawa anak-anak, alihkan perhatian mereka agar tidak melihat remaja yang sedang duduk berdua.

Selamat berlibur!

Tentang Penulis: Husni Cahya Gumilar

Gambar Gravatar
CEO ZonaLibur.com. Pria kelahiran Banjarwangi Kabupaten Garut yang hobi jalan-jalan, menulis dan dengerin marawis. Intinya saya bukan selebritis.